INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Monday, March 29, 2010

Kompetisi Obat Kuat GBKP?

Dalam khotbah Rev. Dr. Augustien, sore ini mengatakan kompetisi adalah bukan pilihan yang terbaik. Terbukti bahwa kompetisi cendrung membuka persaingan yang tidak sehat bahkan cendrung merusak. Dia mengatakan, seperti seorang pelari yang memakai obat kuat untuk menjadi pemenang lari di sebuah kejuaraan. Dia menjadi pemenang namun dia harus mengalami sesuatu yang tidak normal didalam sistem metabolismenya sehingga dia dapat berlari lebih kencang. Disisi lain kemenangannya adalah sebuah penipuan dan jika dia berhasil menutupinya maka abadilah penipuan itu, dan apa bila dia gagal menutupinya maka dia harus mengembalikan mahkotanya dan mendapat hukuman.

Jika kita bandingkan apa yang dilakukan didalam GBKP dari pemilihan pertua diaken hingga klasis dan moderamen maka peluang untuk terjadinya pemakaian "obat kuat" sangat terbuka lebar dan itu mungkin sudah terjadi. Adakah obat kuat itu berupa berbagai bentuk kampanye atau mengumpulkan orang-orang yang menjadi satu kekuatan untuk menjadi pemenang atau malah lebih buruk lagi. Lalu dimanakah Tuhan?

Pertanyaannya adalah apakah GBKP sebuah Gereja atau sebuah organisasi sekuler? Di manakah Tuhan saat ini disaat para pemimpin sibuk mengalang kekuatan dengan lobi-lobi. Apakah ini yang dinamakan gereja? Apakah ini semangat untuk mengabdi atau semangat untuk menjadi penguasa? Apakah ini yang Tuhan ingini ? Atau tidak adakah cara lain, yang seperti Tuhan ingini?

Saya secara pribadi malah berpikir adakah diantara calon Ketua moderamen sedang melakukan Doa Puasa dan Melakukan Doa bersama yang meminta agar Tuhan mengerakkan orang-orangnya untuk memilih yang terbaik untuk kemuliaan Tuhan. Adakah telah dipersiapkan suatu team doa yang secara kontinue mendoakan agar acara pemilihan dapat berjalan dengan baik dan tanpa ada halangan? Atau malah sudah ada team sukses yang siap melobi agar memilih si X menjadi ketua Moderamen.

Artinya bahwa setiap pemlihan dengan model ini, maka GBKP secara tidak langsung membuka peluang iblis bekerja ditengah gereja. Berbagai "Obat Kuat" , mungkin juga janji-janji tempat basah dan posisi yang menarik menjadi "obat kuat" dalam kompetisi ini. Dan semua itu sesunguhnya sangat duniawi dan sangat mungkin terjadi.

Sebaiknya dicari solusi untuk sepakat mencapai mufakat, misalnya salah satu ketua klasis menjadi calon ketua, dan sekjen serta struktur penting lainnya berasal dari berbagai klasis terkait. Atau banyak cara lain yang dapat dirancang agar KEKUATAN DOALAH yang benar-benar menjadi kekuatan orang terpilih, dan bukan kompetisi obat kuat.

Rev. Augustine mengatakan didalam gereja sebaiknya mecontoh Yesus yang mengembangkan Servant Leadership, yang mengarah kepada kesadaran setiap gembala sebagai pelayan bukan penguasa.

No comments: