INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Sunday, August 7, 2011

Neraca Energi Yesus Memberi Makan 5000 Orang (Hanya Dari 2 Ikan dan 5 Potong Roti)


http://acharn-ph.blogspot.com/2011/04/jesus-feeds-five-thousand-bread-and.html

http://acharn-ph.blogspot.com/2011/04/jesus-feeds-five-thousand-bread-and.html

Neraca Energi Yesus memberimakan 5000 orang ini di catat dalam alkitab Mat 14:13-21

Pendekatan dapat dilakukan minimal dengan 2 cara:

1. Memperhitungkan energy kandungan dari ikan dan roti yang menjadi awal/sumber energy.

2. Degan menghitung neraca balance dari roti dan ikan menjadi balance dari energi yang terukur seperti biodiesel (10%) dan methanol terhadap harga yang berlaku saat ini. Metoda kedua ini banyak digunakan dalam menghitung neraca energy neraca energy terbarukan.

Metoda pertama memerlukan ditel kandungan dari ikan dan roti, dari protein, karbohydrat dan lemak dan sebagainya sehingga diperoleh total energy dari komponen awal. Sehingga untuk memudahkan perhitungan, tulisan ini akan mengikuti metoda kedua dengan menyederhanakan perhitungan dimana bahan bakar biodiesel dipakai sebagai ekual basis energy.

Metoda neraca energy ini dengan menghitung semua energy yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk bahan bakar terbarukan (renewable) seperti biodiesel atau etanol dalam hal ini disebut dengan input energy (Ei). Kandungan energi yang dikandung dari total volume biodiesel atau etanol yang dihasilkan dihitung sebagai output energy (Eo). Dalam hal ini dengan mengurangkan Eo-Ei akan diperoleh berapa energy yang terakumulasi atau terkonsumsi, dapat menjadi positif dan negative dalam perhitungan energy yang dilakukan untuk Renewable Energy.

Balance = energy output –energy input = Eo-Ei

(hasilnya dapat negative dan positif)

Dua ikan dan lima roti, jika diperkirakan/diasumsikan saat ini 2 ikan = Rp.24 ribu dan 5 roti Rp 24 ribu dehingga totalnya sama dengan Rp.48 000 maka dengan harga normal bidiesel yang ekonomis sekitar Rp.6.000/Liter maka diperkirakan awal energy yang menjadi sumber makanan yang dibagikan kepada 5000 laki-laki hanya ekual dengan Rp 48.000/ Rp 6000/liter = 8 liter. Jika energy satu liter biodiesel adalah ekual dengan 33.3 - 35.7 MJ/liter maka total energy saat itu adalah 8 L x 35.7 MJ/L = 285.6 MJ (dari nilai energy biodiesel tertinggi). Link ekual energy biodiesel,

Jika diasumsikan setiap orang memakan 1/3 ikan dan ½ roti maka seorang memakan lebih kurang 1/6 + 1/10 =16/60 = 0.2667 bagian dari makanan yang tersedia. Hal kebiasaan makan orang saat itu perlu mendapat referensi tambahan. Maka setiap orang menghabiskan energy dari makanan tersebut 0.2667 x 285.6 MJ =76.16 MJ. Artinya bahwa saat itu diperlukan energy bagi setiap orang sebesar 76.16 MJ.

Dengan jumlah yang hadir 5000 orang maka total energy yang dibutuhkan untuk makanan saat itu adalah 5000 orang x 76.16 MJ = 380800.0 MJ. Ini tidak termasuk anak-anak dan istri, tentunya anak-anak memakan porsi yang lebih kecil dan istri juga demikian. Bahkan belum termasuk sisa makanan yang ada dan cukup banyak. Jika dikembalikan ke biodiesel maka 280800MJ/35.7MJ/L = 10.666,67 L, jika dikembalikan ke Rupiah maka sebesar Rp. 64 juta rupiah.

Dalam hal ini yang menjadi luar biasa adalah Yesus berhasil melipat gandakan energy? Bagaimana mungkin? Dari hanya 285.6 MJ menjadi 380.800 MJ. Jika dimasukkan kerumus persamaan di atas maka:

Balance = Eo –Ei = 380800.0 MJ - 285.6 MJ = 380514.4 MJ ini adalah nilai yang impossible secara logika ilmiah. Ini adalah sebuah hal yang tidak mungkin dalam logika ilmiah, namun di dalam Yesus ini adalah mungkin.

Mengapa ini mungkin, karena Yesus adalah Tuhan yang dapat mencipta. Yesus adalah Tuhan yang memilki kuasa untuk menciptakan dari yang tidak ada menjadi ada. Ini adalah salah satu MODEL EMPIRIK yang membuktikan bahwa PENCIPTAAN NYATA, bahwa Tuhan menciptakan Universe adalah sebuah yang masuk akal melalui empirical model yang dilakukan Yesus ini. Satu hal Yesus adalah Tuhan karena mampu menunjukkan ketuhanannya dalam mencipta dari tidak ada menjadi ada.

Semoga bermanfaat……………………

Roti dan ikan yang berlimpah

Roti dan ikan yang berlimpah

No comments: