INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Thursday, January 9, 2014

Hal Keselamatan Adalah Pilihan dalam misteri ILAHI


Sama setelah penciptaan adam dan hawa mereka diberikan kebebasan, demikianlah manusia saat ini diberikan kebebasan untuk memilih keselamatan itu, keselamatan yang mana dan yang sampai mana. Di dalam Yesus maka Yesus lah yang menjadi hakim kita, mereka yang percaya didalam tuhan lain maka tuhan lainlah menjadi hakim mereka dalam arti YESUSLAH MENJADI STANDAR KESELAMATAN KITA.

Tuhan telah meletakkan dasar pemahaman, pengenalan bahkan iman yang ada yaitu didalam DIA sendiri yang telah menjadi manusia, dan semua itu sdh sempurna. Saat nya manusia memilih mau selamat melalui jalur yang sdh diLOGIKAKAN YAHWE DIDALAM YESUS atau jalur lain.

Namun sebagai manusia yang percya kita tetap memegang DALIL PENGHAKIMAN ADALAH HAK TUHAN SEMATA, apakah orang diluar Yesus akan diselamatkan dan jika mereka selamatpun itu adalah karena HAK TUHAN semata.

Kalau kita melihat referensi alkitab. 1. penjahan yang disebelah kanan dan kiri, 2. orang kaya yang diminta menjual hartanya dan diminta Yesus untuk dilahirkan kembali (dibaptis), 3. orang lain yang dari afrika yang memutuskan untuk dibaptis dan sebagainya maka TUHAN didalam Yesus memberikan kesempatan terhadap free will manusia  dan itu sungguh menjadi faktor penentu ........Walaupun TUHAN memilki kuasa untuk mengambil kepuutusan.

Tapi saya percaya juga misteri TUHAN terhadap manusia, contoh seperti yang kami ajari bible study, dia seorang wanita Taiwan yang belum Kristen, dan dia akhirnya dibaptis digereja TICC. Lalu dia melanjutkan S3 ke UK dan disana pun tenyata sdh ada gereja 2 yang digerakkan mahasiswa dari asia spt Korea dan dia menjadi aktif digereja di UK tersebut. Dalam logika kami walaupun tadi kami tidak mengajarinya alkitab hingga dia percaya dan dibaptis, bisa saja dia menjadi keristen setelah dia pergi sekolah di UK..................Dari contoh ini, sisanalah rahasia TUHAN yang tidak dapat kita pahami dan kita serahkan saja kepada TUHAN...

Ada juga cerita seorang marga P, yang mengambil br. B, dia pindah agama, tapi dia tetap tidak taat kegereja/tidak mau kegereja anaknya sdh 3 perempuan semua, tapi dia tetap tidak ke gereja. Suatu kali dia berkata, jika anak ku kudapat laki-laki maka aku akan ke gereja...Tetapi toh setelah dia mendapat anak lelaki dia tetap tidak ke gereja. Akhirnya dia mati ditabrak mobil ..........apakah orang seperti ini selamat? Walaupun dia sdh pernah belajar dan dikristenkan dibaptis dan juga sdh mendapatkan pengalaman rohani dari anak lelakinya yang dimintanya, tapi pada kenyataannya dia berhianat dan akhirnya mati..............apakah dia selamat?

Si marga P ini menurut aturan gereja sdh selamat, tapi apakah menurut aturan TUHAN dia sdh selamat? Itu hanya TUHAN yang tahu..........Matius 22:14 " Sebab banyak yang dipanggil, tetapi sedikit yang dipilih". Masalah pokok disini adalah PEMILIHAN. Pemilihan dilakukan oleh Allah, bukan oleh manusia. Dalam referensi saya mengatakan dipilih artinya menerima keselamatan dan dipangil artinya menerima pahala Dipilih TUHAN namun tidak dipangil untuk mendapatkan pahala............Apakah dia sdh diselamatkan? Itu menjadi misteri hidupnya.

Kalau sekedar keselamatan yang sampai dunia ini, silahkan berkunjung ke Taiwan, yang mereka adalah kaum Konghucu, yang jauh lebih sopan dan santun dan kasih demi KARMA. Ditambah pendidikan yang tinggi dan sejahtera, mereka jauh lebih kasih dibandingkan orang2 yang saya kenal didalam Gereja. Tapi untuk apakah semua itu?

Kita tentunya membicarakan kasih yang kekal atau istilah alkitab harta sorga. Dan kalau perbuatan baik mereka dapat menyelamatkan mereka tanpa harus mengenal Yesus itu semua HAK TUHAN SEMATA. Itulah  mengapa saya menawarkan melihat kasih yang bukan dari Yesus diluar sana agar kita dapat melihat kuasa TUHAN yang lebih luas, dan semua kembali kepada HAK TUHAN semata.

Yang menjadi permasalahan adalah karena sedikit rumit untuk dipahami oleh manusia-manusia didalam gereja hal hingga kepada Yesus yang berinkarnasi, Roh  KUDUS dari sorga yang menjadi manusia dan kembali ke Roh disorga mulia. Inilah yang diajarkan didalam alkitab yang menjadi ultimate alkitab yang membedakan dengan kasih yang sampai bumi ini saja. Khususnya hal kehidupan kekal menjadi nilai yang sangat penting untuk dimengerti yang tentunya hanya dapat difahami didalam YESUS dalam proses inkarnasinya, demikian juga didalam YESUS kita mendapatkan kemuliaan itu baik di sorga dan di kerajaan sorga..


Kalau Yesus tidak berbicara sampai keselamatan kekal maka apa bedanya dengan ajaran lainnya..........contoh kata Yesus pada Yoh 6: 44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.

No comments: