INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Thursday, November 27, 2014

Tugas Yunus Saat Itu dan Tugas Kita Saat ini


Dalam bible study di Mambre GBKP membahas hal Yunus yang ditugaskan TUHAN untuk mengingatkan bangsa Niniwe agar meningalkan perbuatan perbuatan dosa, Tuhan memberi kesempatan kepada kota itu untuk tetap selamat dengan melihat bahwa ribuan anak anak yang masih belia yang tidak mengerti hal apa yang baik dan yang buruk sehingga jika Nininiwe dihukum TUHAN maka mereka juga akan binasa.

Hal kesempatan ini menunjukkan bagaimana cara TUHAN melakukan pendekatan secara manusiawi dan melihat nyawa manusia adalah sangat berharga. Poin pertobatan melalui nabi Yunus dimulai kepada orang-orang dewasa.orang tua dan tentunya dengan pertobatan itu akan memberikan contoh kepada anak-anak mereka untuk mengikuti perubahan yang terjadi pada orang tuanya, lingkungannya dan kebiasaan kebiasaan mereka.

Sesuatu nilai yang diangap jahat dan tidak berkenan dihadapan TUHAN karena terkait kepada manusia diciptakan segambar dengan ALLAH. Hal ini menjadi suatu hal yang penting bagi setiap manusia yang merupakan ciptaan yang memilki esensi ilahi yaitu roh manusia. Roh manusia adalah pelita TUHAN yang berfungsi untuk menyelidiki segenap lubuk hati manusia. Fungsi roh manusia adalah untuk berkontak dengan TUHAN yang adalah ROH. Hubungan Roh-roh ini adalah sangat mendasar sehingga manusia tetap dapat melakukan perbuatan sesuai dengan kehendak TUHAN.

Apa yang terjadi di Niniwe merupakan sebuah contoh bahwa TUHAN ingin  mengembalikan citra TUHAN pada manusia saat itu. Dalam contoh ini dapat kita lihat bahwa pada akhirnya mereka itu bertobat dan TUHAN memberikan kesempatan kepada mereka untuk hidup dan memulai sesuatu dengan baik.

Demikianlah TUHAN memerintahkan kepada Nabi pada konteks kota Niniwe. Lalu bagaimana dengan kita saat ini, ketika TUHAN didala YESUS memerinthahkan kita untuk menjadikan segala bangsa menjadi MURID-NYA? Mengapa begitu penting untuk menjadi setiap bangsa menjadi murid YESUS? Hal ini tentunya menjadi perintah yang sangat mendasar bagi setiap kita yang percaya bahwa KESELAMATAN ITU hanya ada didalam Yesus. Dan keselamatan yang dinyatakan disini BUKAN SEKEDAR KESELAMATAN YANG SAMPAI BUMI SAJA TETAPI KESELAMATAN YANG SAMPAI SORGA.
Dianalogikan bahwa dalam perkembangan keyakinan yang ada telah tejadi penyimpangan akan pengenalan rencana TUHAN bagi manusia, mereka adalah ibarat anak anak yang tidak mengenal kebenaran yang sesunguuhnya, Mereka adalah ciptaan TUHAN yang segambar yang sama dengan kita tetapi mereka tidak mengenal dengan benar rencara TUHAN hal keselamatan manusia. Tugas dan tanggung jawab kita untuk menyampailan hal keselamatan yang ada didalam YESUS agar mereka bertobat dan menerima YESUS sebagai TUHAN dan Juruselatnya dengan mengajak mereka menjadi murid-murid YESUS.

Apakah ini sebuah hal yang sangat penting? Hal hari TUHAN hanya DIA yang tahu, tetapi hal HARTA SURGA adalah hasil yang akan kita bawa disaatnya MERAJA bersama KRISTUS. Pengenalan akan rencana TUHAN di PL dan tanggung jawab kita di PB merupakan sebuah nilai dari pekerjaan kita untuk menyelamatkan jiwa-jiwa yang megenal TUHAN dan itu menjadi PIALA dan HARGA yang akan TUHAN berikan kepada setiap orang yang BERANI BAYAR HARGA SECARA ROHANI KEPADA TUHAN. Itulah Harta Sorga kita.........

Saat ini, kegagalan manusia mengenal hal rohani/roh dan hal ultimate rencana TUHAN yaitu keselamatan kekal yang sampai ke sorga adalah bagian yang terpenting untuk menciptakan produk rohani manusia  merupakan hal yang tidak diinginkan TUHAN.  Kegagalan manusia akan hal identitas sorgawi yang teregistrasi sampai ke sorga merupakan hal yang tidak diinginkan TUHAN. Namun disisi lain Tuhan sangat mengasihi manusia dan masih ada kesempatan untuk mengingatkan setiap manusia akan hal ini. Menjadikan segala bangsa menjadi murid Yesus adalah TUGAS KITA SAAT INI maka mereka juga dapat diselamatkan pada waktu TUHAN. Sehingga hal hal rohani menjadi sesuatu yang memungkinkan merka selamat karena mengerti rencana TUHAN didalam Yesus..

No comments: