INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Wednesday, September 7, 2016

Inspirasi Dari Sejumlah Aktifitas Rohani

Tuhan adalah sumber pengetahuan. Namun disaat kita diberikan kesempatan untuk menggunakan, mengaplikasikan pengetahuan itu apakah kita masih menghargai Tuhan yang empunya segala sesuatu? Menghargai pengetahuan itu adalah dengan menghargai segala ciptaaNya, menghargai lingkungan, dan ciptaan lainnya.

Filosofi MERDEKA harus dimulai dari hal hal yang sederhana, menghargai kemerdekaan istri, anak, keluarga, persaudaraan, pekerjaan dalam koridor yang benar untuk menjaga agar semua dapat menghargai batas batas yang perlu dicermati agar tidak mengurangi kemerdekaan sistem yang ada di sekeliling kita...alkitab berkata dimana ada Roh Tuhan, disana ada kemerdekaan. Kemerdekaan karena kasih, damai dan suka cita yang dpt membuat benar benar MERDEKA..

Belajar dari pengamalan alkitab, kita juga harus menghormati hak asasi setiap manusia bahkan pendatang sekalipun dan mahluk ciptaan TUHAN lainnya. Demikianlah Alkitab mengajarkan untuk menjaga segala sesuatunya dengan baik dan dengan suka cita sehingga disaat kita melakukannya kita sadar bahwa semua itu kita lakukan karena kita menghormati, menghargai dan memuliakan TUHAN melalui menghargai hak asasi manusia dan bahkan semua ciptaan NYA

Sebuah contoh kehidupan adalah sebuah misteri, seorang anak muda yang kita kenal memilki nilai nilai positif kemarin telah tiada, seorang penjahat narkoba yang nampak telah berubah hidupnya telah dihukum mati, seorang nenek yang sdh berumur diatas 70 tahun kemaren telah meningal dunia, ........apakah arti semua ini? Hargailah hidup ini karena WAKTU/USIA itu pemberian TUHAN, berbagilah dengan kasih dan suka cita karena itulah yang diinginkan TUHAN dan terakhir SERAHKANLAH HIDUP KITA DIDALAM TUHAN agar semua menjadi INDAH PADA WAKTUNYA.

Kehidupan rohani kita harus dpt kita nyatakan lebih luas lagi kekehidupan dunia termasuk kepada saudara kita tidak seiman, tidak sesuku, tidak sebangsa tapi semua diciptakan Tuhan untuk kita cintai dan hargai.

Tritugas gereja dalam dimensi ruang dan waktu dan aktifitas yang terkait didalamnya harus dilihat dalam dimensi yang lebih luas. Dimensi gereja memiliki dimensi yang luas, dari diri kita sendiri, keluarga, gereja ditingkat runggun, wilayah, pusat hingga gereja tingkat dunia bahkan gereja sebagai satu kesatuan sebagai MEMPELAI KRISTUS. Tritugas gereja juga harus berfungsi terhadap sistem yang ada diluar gereja dan fungsi kita sbg jemaat yang bekerja sekular dalam berinterkasi dgn tempat kita bekerja dan aktifitas lainnya. Seperti kata alkitab, seharusnya kita mengenal rencana Tuhan didalam hidup kita pada variable ruang dan waktu dan tanggungjawab yang diberikanNYA kepada kita, sehingga kita dapat mengekspresikan DIA kepada dunia ini, itulah tugas kita. 

Kristen yang dewasa itu adalah manusia Kristen yang telah menambahkan TUHAN sebagai variable tetap, sehingga buah buah Tuhan dapat ditunjukkan dalam kehidupannya.Buah buah DAMAI, Sukacita, Sabar, tetap berlogika positip dalam menghadapi berbagai percobaan dari iblis dan ujian dari Tuhan, sehingga senantiasa dapat memenangkan segala kejadian dan perkara yg kita hadapi karena kita punya Roh Penolong yang menjadikan semua indah pada waktunya.

Potongan perparagraf dari khotbah dan renungan setiap minggunya di gereja GBKP Sipang Merandal

No comments: