INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Tuesday, June 28, 2011

Harga Manusia


Manusia berharga dihadapan Tuhan

Manusia berharga dihadapan Tuhan

Berapa harga manusia di universe ini? Manusia sangat berharga dibumi ini, karena apa? Karena manusia adalah manusia. Kita berharga karena kita manusia. Berapakah harga manusia? Harga manusia adalah seharga gambar Tuhan (image of God) yang ada didalam seorang manusia itu. Manusia dan kemanusiaan manusia adalah bertujuan untuk memuliakan ciptaannya, karena manusia diciptakan paling mulia dari segala ciptaanNya.

Jika terjadi bencana alam manusia begitu kecil dan tidak berharga, dimusnahkan oleh bencana. Ratusan ribu manusia musnah saat Tsunami Aceh 2004, demikian juga puluhan ribu saat bencana Jepang 2011 lalu. Manusia tidak berharga oleh bencana, mengapa? Padahal Allah menciptakan bumi dan bumi didalanya membinasakan manusia melalui bencananya.

Artinya manusia sedang dipertunjukkan dengan kejadian dimana manusia menjadi sangat kecil dihadapan Tuhan sebagai sang pemcipta. Itu adalah bagian dari pengajaran, bahwa manusia didalam kemuliaannya tidaklah menjadi sombong, karena Allah dengan ciptaanNYA dapat menjadikan manusia begitu kecil dan tidak bernilai.

Seberapa nilai manusia, adalah sempurna didalam Yesus. ALLAH adalah sempurna didalam ketidak terhingganNYA. Manusia sempurna didalam kemanusiaannya. Yesus menyempurnakan manusia didalam kemanusiaanya. Manusia akan semakin bernilai dan berharga didalam pengenalannya akan Tuhan. Manusia didalam Tuhan akan semakin terbuka apa adanya dan semakin kasih. Yesus mengajarkan hal itu.

Membuat orang semakin terbuka dan kasih, dengan mempelajari jalan hidup yang benar. belajar akan bagaimana berpikir yang benar, berbicara dan menulis dengan benar, berkomunikasi dengan sesama manusia dengan benar, melakukan tidakan kepada sesama dengan benar, melakukan tidakan terhadap lingkungan dengan benar dan akhirnya hidup dalam satu kesatuan dengan benar.

Manusia memilki tanggung jawabnya sendiri-sendiri di bumi, bagai mana seorang dapat mengenal tanggung jawabnya dengan benar, dan melakukan tanggung jawab itu dengan benar adalah sebuah kunci untuk menjadikan seorang berharga. Untuk itu diperlukan manusia yang takut akan TUhan, manusia yang takut melalukan kesalahan karena takut kepada Tuhan. Takut akan Tuhan merupakan dasar segala tindakan menjadi benar dan terukur, sehingga hasilnya juga menjadi baik.

Takut akan Tuhan mematikan, ego, mematikan kepentinga kelompok, karena manusia, sesama manusia akan menjadi begitu berharga, karena mengenal manusia sebagai ciptaan Tuhan yang sangat special. Takut akan Tuhan mematikan rasa dendam, akan lebih mudah menerima perbedaan dan lebih dapat saling bekerja sama.Takut akan Tuhan menjadikan Tuhan menjadi pusat segala aktifitas sehingga manusia semakin mulia. Didalam Tuhan mencairkan segala masalah. Didalam Tuhan semua kebenaran yang diutamakan sehingga semua dapat saling percaya.

Orang yang menghidupkan Tuhan sebagai pusatnya contohnya adalah Paulus. Rasul ini telah memiliki pengenalan dan pengalaman yang membuatnya mampu melihat segala sesuatu dari kebaikan Tuhan kepada manusia. Itulah mengapa didalam penderitaannya Paulus tetap dapat bersuka cita dan mengasihi setiap orang. Didalam pengenalannya akan Tuhan didalam Yesus Paulsu mengangap semua yang dari dunia tidak menjadi penting selain melayani Tuhan.

Manusia didalam Tuhan walaupun jatuh kedalam dosa, Tuhan bisa saja datang melalui orang lain untuk memberikan hiburan dan semangat pertonbatan. Manusia didalam iblis akan cendrung menjadi sitertuduh dan dituduh, bahkan mencari orang lain sebagai tertuduh yang baru. Orang ini harus mendapatkan jalan yang baru untuk menghentikan tuduhannya, yaitu hanya didalam terang kasih Tuhan.

Manusia hidup didalam misteri masa depan, didalam hubungan manusai dengan Tuhan maka manusia membawa misterinya kepada sebuah cahaya kemuliaan. Sedangkan didalam kuasa iblis manusia akan membawa dirinya kepada sebuah kekecutan bahkan hukuman, hingga sebuah kematian, baik secara jiwa dan jasmani. Didalam Tuhan semua itu berbeda, manusia lebih berharga, apapun yang terjadi bahkan bencana sekalipun didalam Tuhan manusia sudah memiliki hartanya sendiri yang berguna di bumi dan disurga. Kemuliaan manusia menjadi harga dari manusia itu sendiri, tentunya hanya didalam Tuhan………………

No comments: