INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Saturday, December 8, 2007

Neraca Energi Mukjizat Jesus (I)

by: Bode Haryanto, MS. ChE in Energy Productivity Ratio (EPR)

Pengantar
Ketika pertama sekali Jesus memberika mukzijatnya adalah di sebuah Pesta perkawinan di kota Galilea (Yoh.2). Jesus mengubah AIR MENJADI ANGGUR. Anggur yang dihasilkan dari MUKJIZAT itu ternyata lebih baik dari anggur yang telah disajikan kepada para tamu sebelumya.

Pertanyaan?

Berapa besarkah energi yang dibutuhkan Jesus untuk mengubah air menjadi anggur?
Analisa Masalah
Ini adalah sebuah pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Namun secara ilmiah kita dapat menghitung berapa energi ekivalen yang di perlukan Jesus untuk mengubah air menjadi anggur (Batchelor, 1995).

Pendekatan dan Penyelesaian Masalah
Dalam Yoh2 diceritakan sejumlah tempayan diisi penuh oleh air, selanjutnya dan jika kita asumsikan dipakai 10 tempayan air, dengan volume rata-rata adalah 10 liter maka total volume anggur adalah 100 liter Anggur.
Jika kita asumsikan bahwa anggur dengan kualitas no1. dengan kandungan bioalkohol (bioethanol) hingga 12% maka jumlah bioethanol murni pada kandungan 100 x 12% maka total bioethanol murni adalah 12 liter.Jika berat jenis dari alkohol yang dihasilkan sama dengan gasolin/bensin (0,7329 Kg/liter) dan energi alkohol setara dengan gasolin (42,7 MJ/kg; 31,29 MJ/L) (Muller 1992). Maka total energi yang dihasilkan dengan asumsi di atas adalah 12 x 31,29 MJ/L = 375, 48 MJ.Energi yang di hasilkan oleh Jesus secara spontan untuk mengubah air menjadi anggur adalah 375,48 MJ (12 liter bensin/gasoline/ ethanol). Alkohol dan bensin adalah memiliki kemampuan relatif setara seperti telah di uji di negara Brazili ( Angelo 2005).

Jika anda coba menggunakan 12 liter bensin dengan sepeda motor atau mobil, kira-kira berapa kilomenter yang dapat kita tempuh?Dengan sebuah mobil buatan jepang Toyota Kijang dengan perbandingan 1: 15 (1 liter berbanding : 15 kilometer jarak tempuh) maka total jarak tempuh yang dapat di lakukan mobil tersebut adalah 12 L x 15 Km = 180 Km.

Secara sederhana, kita dapat mengakut 4 orang dengan kendaraan tersebut sejauh 180 KM, atau dengan perbandingan Jakarta Bogor Pulang Pergi (jarak perlu konfirmasi) adalah ekivalen dengan asumsi bahwa anggur yang dihasilkan adalah 10 tempayan; 10 L per tempayan = 12 L bioalkohol.

Kesimpulan dan Masalah BaruBegitulah ekivalen energi mukjizat yang dilakukan oleh Jesus, dalam mengubah air menjadi anggur. Yang menjadi mengherankan dari manakah energi sebesar itu datangnya? Kalau ingin merasakan besarnya energi yang dihasilkan Jesus tersebut pada mukjzat pertama di atas, silahkan anda mendorong sebuah mobil dari Jakarta ke Bogor pulang balik. Kesimpulan EPR Mukjizat adalah 375,48 MJ atau naik mobil Jakarta Bogor PP.

Referensi.
1. Thesis Magister EPR, 2000
2. Yoh 12; 1-selesai; cetakan 2001
3. Angelo, Bio Energi, 2005
4. Batchelor, EPR in Rapseed oil;1995
5. Muller, Input Output Simulation, 1992

No comments: