INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Saturday, September 22, 2012

PENGARUH Roh secara PRAKTIS.


Manusia yang mengunakan rohnya/rohaninya maka dengan rohani/roh akan mempengaruhi jiwa lalu jiwanya akan mempengaruhi tindakannya. Roh mempengaruhi cara berpikir dan tindakannya. Kalau manusia hanya melulu menggunakan jiwa dalam arti logika, perasaan, emosianl dan sebagainya, maka jiwa/logika manusianya  akan mempengaruhi tindakannya sehingga JIWA adalah segala-galanya. Dengan tanpa mengunakan rohnya  maka ada beda 1 tingkatan dalam sebuah langkah hingga mengambil keputusan yaitu:

1. Orang hidup dengan rohani:

Roh===> Jiwa ====> Tindakan
Perbedaan ini akan sangat mempengaruhi hasil dari sebuah tindakan.  Menurut ALKITAB,  roh manusia adalah alat untuk berkontak dengan TUHAN yang adalah ROH, maka roh manusia  memilki hubungan dengan Tuhan akan mengubah jiwa seorang manusia sehingga akan menggubah tindakannya yang sesuai dengan kehendak TUHAN. Kasih, suka cita dalam segala hal baik dalam penderitaan, mengasihi musuh bahkan rela mati demi kemuliaan TUHAN, demikian mereka yang mengandalkan roh didalam tindakannya akan menghasilkan sebuah kebaikan.

2. Orang yang mati secara roh maka

Jiwa ===> Tindakan
Jika kita hanya mengunakan jiwa maka biasanya cendrung jatuh kepada tindakan dan karena melulu sisi kemanusiaan kita sehingga mudah jatuh kedalam tindakan dosa alias daging kata alkitab. Karena jiwa manusia adalah bersifat balance.........menghormati untuk dihormati, bekerja untuk mendapatkan imbalan, seharusnya untuk dan tidak ingin rugi. Namun pada dasarnya jika keinginan jiwa lebih besar maka akan berubah menjadi kamu budak harus hormat dan taat kepada tuanmu, bekerja dengan melakukan korupsi demi kepentingan tertentu dan berbisnis untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya, semua itu adalah produk jiwa yang jatuh kepada  tindakan jiwa yang jatuh kepada keinginan daging/dosa (menurut Alkitab).

PEngajaran Hal ROH-Manusia
Pengajaran yang sampai ke pada pengenalan akan roh dan roh manusia bersifat kekal dan sangat berharga dihadapan TUHAN.... dan itu diciptakan khusus kepada manusia dan bersumber dari TUHAN sendiri yang adalah ROH............Oleh karena itu jika mengacu kepada ayat yang menyatakan hanya yang berasal dari sorga dapat kembali ke sorga... maka roh manusia inilah yang kekal yang akan kembali kesorga jika saatnya nanti itu BERKENAN DIHADAPAN BAPA.............................kecuali orang2 tertentu dalam alkitab seperti Elia, Yesus dst...
Jakaria 12 ayat 1 jelas mengatakan bahwa roh manusia itu adalah setara bentangan langit dan dasar bumi......jadi roh manusia itu sangat special.................Mempelai wanita Kristus adalah gereja yang hidup secara rohani... Mempelai Yesus adalah seluruh gereja yang KUDUS DAN AM dengan roh yang sama...........jadi kalau ada gereja yang jemaatnya tidak mengenal roh dan tidak menghidupkan rohnya maka gereja itu hanya sampai level MORAL tidak sampai level rohani.......Gereja seperti itu gereja yang mati secara rohani dan hanya secara organisasi........apakah gereja spt itu merupakan mempelai Kristus?...............Jawabnya adalah tidak..............karena gereja dapat bermacam-macam merek tetapi rohnya harus sama..............karena mempelai Yesus adalah GEREJA SECARA ROHANI.
Kembali kepada pengajaran...sampai dimana dan bagaimana kita mendapatkan pengajaran itu sehingga pemahaman kita sampai ke roh-manusia yang kekal dan sebagai identitas surgawi kita.....roh ==>jiwa ==> tubuh perhatikan tanda panah...........Itu artinya jangan NATO..........tetapi orang yang melakukan/Action tanpa dipengaruhi oleh roh yang ada pada dirinya akan dapat menghasilkan kesombongan karena aksinya hanya sebatas jiwa/moral, tetapi jika karena keinginan rohnya (roh manusia) maka itu demi kemuliaan TUHAN.............karena roh manusia adalah pelita TUHAN yang menyelidiki seluruh hatinya..


No comments: