INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Tuesday, September 4, 2012

Roh Kudus bersifat DINAMIS dalam Manusia-Gereja

Roh Kudus adalah TUHAN yang bersifat DINAMIS. Sifat dinamis sesuai fungsinya sebagai ROH PENOLONG. TUhan dalam Roh Kudus mampukan setiap orang atau siapa saja yang menerima YESUS sebagai TUHAN dan JuruslamatNYA menjadi CIPTAAN BARU. Dilahirkan kembali secara ROH/ROHANI. Kesempatan setiap orang menjadi selamat adalah ANUGRAH yang baru bukan sekedar ditentukan dari sejak dulu tetapi karena menerima keselamatan secara dinamis oleh ROH KUDUS atas nama TUhan YAHWEH.

Manusia di dalam Alkitab telah berubah minimal di dalam 3 kali dalam sepanjang sejarahnya/periode:
1.Sebelum Jesus
2. Saat bersama Yesus 
3.Setelah datangnya Roh Kudus

Tuhan ROH didalam Roh Kudus adalah ROH PENOLONG, ketika seorang memilki keinginan untuk menghidupkan rohnya (baca roh manusia) maka disaat itu Roh Kudus bekerja  didalam seseorang. Karena inti dari MANUSIA KRISTEN SAAT INI ADALAH MEMILKI ROH TUHAN DIDALAM HATINYA. Sebagai contoh jika ada orang yang ditemukan di hutan,yang tidak mengenal pendidikan yang selama ini bergaul dengan binatang dan alam, lalu disosialisasi dalam kehidupan normal manusia. Maka disaat dia menerima Yesus/jadi kristen dan Roh Kudus tinggal didalam hatinya maka dia SELAMAT. Ini sangat diinginkan TUHAN sesuai.dengan keinginan YESUS yang meminta kita menjadikan segala bangsa menjadi MURIDNYA agar Roh KUDUS yang sdh diturunkan itu tidak ekslusif dan stop disana disaat itu saja tetapi menjadi milik siapa saja yang bersedia menjadi muridNYA.

Seorang yang memilki  Roh Kudus didalam hatinya adalah menjadi seorang yang MERDEKA secara rohani. Ada dua hal didalam Roh kita MEREDEKA, karena Roh itu akan mengajari kita untuk dapat melihat mana yang baik dan tidak dihadapan TUHAN. Dalam hal ini  Roh Kudus disatu sisi memampukan kita untuk MENGEKANG DIRI namun disisi lain kita tidak kecewa akan hal itu karena TUHAN memberikan pengertian kepada kita untuk merdeka secara rohani. 2 Kor 3: 17: Sebab Tuhan adalah Roh; di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan.


Ketika masanya tiba Roh TUHAN bekerja dihati kita karena contoh saja saat Yesus mengkhotbahi orang Yahudi namun mereka menolak Yesus.  Disaat Roh Kudus bekerja di hati manusia maka pengertian dan iman itu menjadi singkron. Dalam hal ini orang yang memilki Roh Kudus didalam hatinya adalah GEREJA YANG HIDUP, dan bukan sekedar organisasi.Walaupun banyak juga orang sdh dikristenkan dan dibaptis..tetapi hanya kristen secara organisasi tetapi itu semua menjadi misteri hubungan pribadi kita dengan TUHAN serta rahasia TUHAN sendiri kepada orang-orang yang seperti ini. Tentunya agar kita tidak mencoba menghakimi.

Didalam Yesus adalah kita memilki roh (baca roh manusia), yang merupakan identitas kekal kita sehingga kita dimungkinkan memperoleh hidup yang kekal. Tentunya dengan syarat hidup didalam yang TUHAN inginkan. Di dalam Yesus, kita telah mengenal ROH KUDUS, di luar Yesus, bisa saja kita salah roh dan akhirnya kita kesasar so pilihlah ROH yang telah diperkenalkan YESUS dan yang telah terbukti memilki kuasa selama ini tentunya yang kita kenal di dalam YEsus.

No comments: