INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Monday, September 19, 2011

Bagaimana Merasakan Roh Kudus Secara Personal: Non Religi di Taiwan (3)



Jemaat TICC sebagian besar adalah angkatan I dalam mengenal Tuhan dan sebagian belum dibaptis.
Jemaat TICC sebagian besar adalah angkatan I dalam mengenal Tuhan dan sebagian belum dibaptis.
Pertanyaan muncul dari Grace  Angel seorang pengusaha wanita singel yang selama ini telah lama bergabung di gereja dan sangat tertarik untuk mengikuti kegiatan gereja dan juga bible study. Angel adalah salah satu yang selalu hadir dalam bible study.
Di awal sekali ketika membicarakan mengapa kita membutuhkan TUHAN ia dapat menerima akan bagaimana manusia dari sejarah kehidupan manusia itu memerlukan TUHAN.
Ketika membahas akan integritas manusia sebagai ciptaan, manusia diciptakan dengan IMAGE Allah. Manusia memilki Roh, Jiwa dan Tubuh. Di DALAM ROH MANUSIA ITULAH MANUSIA DAPAT BERKONTAK DENGAN ALLAH, KARENA ALLAH ADALAH ROH. Manusia harus MELETAKKAN PIKIRANNYA KEPADA ROHNYA UNTUK BERKONTAK DENGAN TUHAN.  Manusia berkontak Roh-ROH dengan TUHAN dan hanya itulah cara yang palingtepat.
Manusia bisa tidak memiliki tangan untuk melipat tangan untuk berdoa, atau membasuh telinganya karena dia cacat. Orang bisa tidak memilki persembahan, kurban karena mereka adalah miskin atau terjebak dalam kehidupan/keluarga miskin. Tetapi walaupun dia cacat dan miskin mereka tetap memilki Roh yang diciptakan Tuhan dalam seorang manusia agar tetap dapat berkontak dengan ALLAH.
Untuk berkontak dengan ALLAH tidak perlu harus pergi kesatu tempat, misalnya kegunung-gunung, atau ketempat-tempat yang dianggap suci. Jika gununglah yang menjadi syarat untuk bertemu Tuhan, lalu bagai mana orang yang tidak punya kaki. Kalau harus ke tempat yang jauh orang untuk menyembah TUHAN misalnya harus ke Jerusalem lalu bagaimana dengan orang yang tidak memilki uang/miskin?
Oleh karena itu Tuhan bekerja secara Roh <====> ROH dengan manusia. Manusia hanya kembali ke rohnya untuk bertemu dengan ALLAH. Apakah setiap orang memiliki roh? Jawabnya adalah iya karena sesunguhnya setiap orang adalah SAMA DIHADAPAN TUHAN, DAN SETIAP ORANG DIPAKAI TUHAN SEKEHENDAK HATI TUHAN. Persoalannya adalah APAKAH MANUSIA MAU BEKERJA SAMA DENGAN TUHAN, apakah manusia mau memalingkan JIWANYA kepada ROHNYA sehingga manusia mau mengunakan ROHNYA UNTUK BERKONTAK DENGAN TUHAN SECARA Roh <====> ROH. Di sanalah mengapa setiap kesempatan orang diminta oleh YESUS untuk memberikan PENGAJARAN AKAN TUHAN AGAR SEMUA MENJADI MURID YESUS, dalam arti SEMUA ORANG MENGHIDUPKAN ROHNYA..................Kenapa menghidupkan Roh manusia itu penting?
Karena Roh manusia adalah PELITA TUHAN (defenisi ALKITAB) dan Roh manusia itu setara dengan bentangan Langit dan Bumi (Sangat BERHARGA). Setiap orang yang menghidupkan ROHNYA maka dia akan memiliki FREKWENSI yang SAMA dengan TUHAN. FREKWENSI ITU SUDAH DIKUATKAN OLEH ROH KUDUS.
Pertanyaan Angel adalah BAGAIMANA ANDA MENGETAHUI ROH KUDUS BEKERJA DIDALAM HIDUP ANDA DIRI ANDA? Pertanyaan itu relatif sulit, namun jawabannya adalah dari BUAH-BUAH ROH ITU SENDIRI. Apakah anda merasakan buah-buah ROHANI dalam hidup Anda?  Buah-buah rohani adalah sesuatu kekuatan yang lahir dari dalam diri anda karena adanya sesuatu yang mengubah jiwa (ego/semangat/ emosional/logika-logika) menjadi lebih kepada Kasih, SUKA CITA, SETIA, PANJANG SABAR dan Kebaikan lainnya. Karena semua buah-buah roh itu Kasih dan Perbuatan yang mengalahkan Jiwa adalah yang paling utama…kejarlah kasih.
Dalam hal ini bagaimana mungkin anda akan rela mengasihi orang lain, melayani orang lain, sangat penyabar dan suka menolong, jika anda lebih mengutamakan LOGIKA. Logika mengatakan jika aku beri INI kepada mu apa yang akan kau berikan kepada ku? Bagaimana mungkin ada logika menolong, jika Jiwa kita mengatakan saya capek-capak kerja kenapa Gereja meminta-minta uang ini dan itu, harus menolong ini dan itu.
Didalam pekerjaan ROH KUDUS secara personal maka kita akan dimampukan untuk mengasihi MUSUH sekalipun. Demikianlah yang diinginkan TUHAN didalam YESUS untuk mampu mengasihi musuh sekalipun, bukan sekedar saudara dan orang-orang yang kita cintai.
NAMUN Untuk orang-orang yang mau mengenal ALLAH sedari awal ciri-ciri pekerjaan ROH KUDUS adalah
1. Kita merasa tidak memiliki beban dan rindu membaca firman TUHAN, Karena Firman TUHAN adalah MAKAN ROHANI, dengan kerajinan kita dan kerinduan kita dalam membaca FIRMANNYA kita sedang bertumnbuh/menumnuhkan rohani kita dengan makan Roh kita yaitu FIRMAN TUHAN.
2. Kita mulai menikmati dan merasakan bahwa FIRMAN ITU ADALAH NYATA, karena kita hidup dan rindu akan firman sehingga kita menikmati firman TUHAN sebagai makanan kita sehari-hari, sehingga apapun yang akan kita lakukan kita akan memakai FIRMAN TUHAN sebagai referensi utama dalam hidup ini.
Jika sudah merasakan hal 1 dan 2 di atas maka sesunguhnya ROH KUDUS sedang bekerja

No comments: