INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Wednesday, November 14, 2007

MENGENAL ROH

by: Bode Haryanto Tarigan, in Christ in Tainan Taiwan

Roh Tuhan
Mengenal Roh Tuhan adalah sangat penting untuk memahami isi Firman Tuhan dan rencana Tuhan dari melalui FirmanNYa. Alasan yang pertama kita perlu memahami prinsip Roh dalam Alkitab yaitu: 1. Tuhan/Allah adalah Roh (2 Kor 3:17a; Kejadian 1:22). 2. Yesus yang adalah Roh yang menjadi manusia adalah bangkit dan kembali menjadi Roh (Flp. 1:19,Roh Yesus Kristus), 3.Dan Tuhan memberikan seorang penolong yang tidak lain adalah Roh Kudus yang menjamin kehidupan rohani setiap orang yang percaya kepada Yesus yang adalah Roh (Yoh. 14:16) (2 KOR 1:22). Sesunguhnya Roh Tuhan hanya Tuhan yang tahu, yang pasti Roh itu adalah bersumber dari satu Sumber ROH di Sorga.

Roh Manusia
Siapakah manusia itu? Jika kita membaca kitab Kejadian kita akan mendapat simpul bahwa sebelum Adam dan Hawa memakan buah pohon pengetahuan itu mereka tidak merasa malu kalau mereka telajang (Kejadian 2;25). Merasa malu disini merupakan bagian dari emosi, atau pikiran atau pengetahuan yang pada saat itu belum menyadari bahwa telanjang itu malu. Dan dapat dilihat perubahan setelah mereka memakan buah pohon (pohon pengetahuan) itu mereka menggunakan/mengandalakan pikiranya dan sadar bahwa mereka telanjang. Jadi sebelum mereka memakan buah pohon itu mereka dikuasai oleh sesuatu kekuatan apa? Yaitu yang dikenal dengan (sebut saja) roh manusia. (Jika engkau memakan buah pohon itu maka engkau akan mati! Apanya yang mati, yang mati adalah rohnya). Jadi semua pikiran dan keinginannya dibawah kendali roh menyebabkan Adam dan Hawa tidak malu bahwa mereka telanjang di taman Eden . Dan sejak saat itu putuslah hubungan Tuhan dengan roh manusia tersebut (roh dengan Roh).
Jika kita baca ayat ayat selanjutnya maka Tuhan dan manusia itu tidak memiliki komunikasi roh lagi tetapi hanya jiwa dan tubuh sebab rohnya telah mati. Mulailah mereka hidup diluar Tuhan, yang mengandalkan adalah pengetahuan/pikiran yang menghasillkan banyak dosa;contohnya Kain membunuh habil, perzinahaan, mirip seperti binatang yang tidak memiliki roh.Walauppun pada dasarnya Tuhan ingin menghidupkan kembali hubungan roh-Roh ini tetapi pemahaman akan Roh itu adalah sangat sulit karena roh itu telah mati. Jika kita cermati hampir semua kondisi sebelum perjanjian lama dan bahkan dalam massa pelayana Yesus (awal Perjanian Baru) manusia sulit memahami Roh itu.
Bagaimanapun pikiran dan jiwa itu tidak bias diandalkan, dunia semakin kacau dan berdosa. Sampai akhirnya Tuhan Kecewa dan memusnahkan manusia dengan air bah. (baca Kejadian bab 10, Nabi Nuh).Hal ini juga hampir terjadi ketika Musa membawa bangsa Israel dan bangsa itu membuat sesembahan anak lembu emas sebagai tuhannya. Tuhan Murka dan ingin memusnahkan bangsa ini tetapi Musa merayu Tuhan dan hal itu tidak dilakuakan. Betapa sulitnya mengenal Tuhan yang Roh itu, dan betapa jiwa dan pikiran ini tidak bisa diandalkan untuk mengenal Roh Tuhan dan perbuatan roh.

Hal Roh Manusia
Manusia adalah ciptaan yang segambar dengan Tuhan, Tuhan secara khusus menciptakan manusia dan ada esensi Allah didalam manusia yang tidak dimiliki hewan atau tumbuhan yaitu roh. Semua mahluk hidup bernyawa (Bil. 27:16; Hendaklah kiranya Tuhan, Allahnya nyawa segala tubuh, mengangkat akan seorang penghulu atas sidang ini); (catatan tolong dibaca Alkitab cetakan lama karena yang baru telah menukar nyawa jadi roh/spirit, ini adalah sebuah kesalahan dalam pencetakan Alkitab baru, secara esensi nyawa tidak sama dengan roh), juga memiliki tubuh dan memiliki jiwa/pikiran. Apa tumbuhan memiliki pikiran? Tapi saya kembali bertanya pernah mendengar tanaman stress, karena kurang pupuk hidup di tanah tandus? Ya tanaman bisa stress, dan stress itu karena sesuatu yang kita nyatakan sebagai akibat pikiran. Manusia, hewan dan tumbuhan bisa stress. Bahkan manusia dan hewan bisa gila (orang gila atau anjing gila).

Karena esensi Allah pada manusia itulah ada pangilan khusus bagi manusia yaitu rohaniawan, yang berasal dari kata roh. Orang yang dipangil rohaniawan adalah orang yang senantiasa menggunakan rohnya berkontak dengan Roh Tuhan inilah yang kita kenal sebutan untuk Pendeta, Pastor, Pertua atau Diaken atau semua orang yang senantiasa menggunakan rohnya (Pandita, Kiayi dsbgnya). (Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia. 1Kor. 6:17). Tetapi seberapa besarkah roh ini hanya Tuhan yang tahu.

Secara spesifik dalam Ibrani 4: 12 Jika kita mau belajar, mengenal, membaca, mengerti, menikmati dan mengalami Firman Tuhan maka kita dapat membedakan jiwa dan roh. Ibr. 4:12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

Bagaimana dahsyatnya roh manusia itu? Baca ayat di bawah ini:Za. 12:1, Ucapan ilahi. Firman TUHAN tentang Israel :
Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit dan yang meletakkan dasar bumi dan yang menciptakan roh dalam diri manusia:Ini adalah ucapan ilahi: Firman Tuhan lah yang menciptakan roh di dalam diri manusia itu setara dengan bentangan langit dan dasar bumi (penghubung dan disini menunjukkan hal yang setara). Jadi roh manusia itu sangat special dihadapan Tuhan karena setara dengan bentangan langit dan dasar bumi.

Jika kita memahami ayat ini dan kita memelihara hubungan secara rohani dengan Tuhan dan kita memilki iman sebiji sesawi betapa dasyatnya manusia itu.Baca Mat. 17:20 Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana , --maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.

Luk. 17:6 Jawab Tuhan: "Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Tercabutlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu.

"Walaupun gunung sering ditafsirkan sebagai masalah tetapi menurut kalimat terakhir mengatakan takkan ada yang mustahil bagimu berarti gunung yang sebenarnya pun dapat kita pindahkan.

Dari 1 Kor 3:16 Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? 3:17 Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.Apakah kita meragukan karunia-karunia yang diberikan Tuhan kepada manusia percaya (rohaniawan) (1 Kor :14), jika kita melatih roh kita dan memiliki iman se biji sesawi jangankan membuat manusia tumbang, gunungpun bisa kita pindahkan.

Beberapa ayat yang menyatakan roh manusia:
Gal. 6:18 Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin. Flm. 1:25Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus menyertai roh kamu!
Ams. 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya.
Ayb. 32:8 Tetapi roh yang di dalam manusia, dan nafas Yang Mahakuasa, itulah yang memberi kepadanya pengertian.
1Tes. 5:23 Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Dalam pengalaman mengenal Roh Tuhan maka kita memiliki kesimpulan:

YANG MEMBEDAKAN MANUSIA DAN HEWAN ADALAH roh DAN YANG MENYAMAKAN TUHAN DENGAN MANUSIA ADALAH roh-ROH (dalam arti sifat-sifat roh /buah-buah roh seperti kasih, sabar dan sebagainya).

Menurut roh

Apa Mungkin Gereja Katolik, Gereja orthodok, Gereja Reformis dan Kharismatik atau gereja apa saja bersatu? Jawabnya Bisa didalam Yesus sesuai dengan Prinsip Roh-roh. Ams. 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Apakah kita sadar bahwa kita adalah bangunan rohani Tuhan melihat roh-nya bukan merek gereja atau banguannya. Secara sederhana bagi jemaat sebuah gereja di Indonesia (saya di GBKP) yang sekolah diluar negeri apa harus menunggu pulang dulu baru ke gereja?Toh rohnya sama.
Mengacu pada sebuah referensi/buku, saya ada membaca bagaimana kita dapat memahami dan mengenal firman Tuhan yaitu dengan melakukan 4tahapan: 1. membaca, 2. mengerti, 3. menikmati dan 4. mengalami.
Jika seorang telah mengalami firman Tuhan maka dia akan otomatis bersaksi akan Firman itu. Jadi mengalami Firman Tuhan adalah sangat penting. Kita memang perlu menyelidiki Alkitab Sesuai denganKis. 17:11b karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.
Sampai disini dahulu, jika ada kalimat atau ayat yang kurang berkenan dengan pengalaman saudara-saudari dalam mengenal Firman Tuhan dapat kita diskusikan. Dan apabila ada yang salah tentunya Rohaniawan yang ada di group ini dapat memperbaikinya.Semua demi Kemuliaan Tuhan dan demi pengenalanNya.
Tambahan (Roh Kekal Kembali ke Empunya Roh yaitu Tuhan)
Manusia secara rohani dapat kembali kepada Tuhan di Surga (Pengkotbah 12:7) dan kekal selama-lamanya, karena roh adalah kekal (rom 8.10), peliharalah roh, jiwa dan tubuhmu (1 Tes 5:23),

Pengkotbah 12:7, dan debu kembali menjadi tanah seperti semula dan roh kembali kepada TUHAN yang mengaruniakannya.

Roma 8.10, Tetapi jika Kristus ada di dalam kamu, maka tubuh memang mati karena dosa, tetapi roh adalah kehidupan oleh karena kebenaran.

Manusia terdiri dari roh/spirit, jiwa/soul dan tubuh/flesh (1 Tes 5:23), semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita.

No comments: