INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Thursday, November 15, 2007

Syarat Memahami Prinsif Roh

by: Bode Haryanto Tarigan, Bro in Christ.

Tak mudah memahami prinsif roh saudaraku, syarat pertama adalah kita harus memiliki iman. Iman bukan berarti sebagai orang Kristen saja, tetapi siapa saja yang memiliki iman kepada sesuatu yang dia percaya walaupun dia tidak melihatnya (baca ibrani , 13). Iman kita kepada Tuhan Yesus, dan iman orang lain mungkin kepada tuhan yang lain, tetapi syaratnya kita harus beriman kepada sesuatu. Jadi kalau Komunis ya pasti sulit bahkan sangat sulit menerima dan memahami prinsif roh karena mereka tidak memiliki iman (lihat defenisi iman). Komunis hanya percaya pada yang ke lihatan yaitu dirinya sendiri.

Yang kedua kita hidup didalam sistem orang orang yang beriman. Dalam arti melakukan aktifitas rohani, contoh dalam kehidupan gereja dengan aktifitas rohani. Apa bedanya aktifitas rohani, jiwa dan fisik, tentu sudah jelas.
Contoh aktifitas fisik adalah semua bentuk kegiatan, contohnya adalah makan dan minum dan lain2. Aktifitas jiwa adalah berpikir, contoh salah satu hasil pemikiran adalah prinsip ekonomi yaitu dengan modal sekecil2nya mendapatkan untung sebesar2nya, ok lah yang lebih lunak dari prinsip ekonomi, misalnya adalah prinsip moral, yaitu input = output contoh, jika anda ingin dihormati maka belajarlah menghormati orang lain, dll.

Tetapi prinsip rohani adalah contohnya Tuhan Yesus sendiri, rela mati menanggung dosa manusia dan tentunya buah-buah roh itu, tampar pipi kiri beri pipi kanan, dapatkah anda bayangkan itu? Tentunya buah roh disini adalah buah roh dalam pengajaran kristen, jika pengajaran yang lain buah rohnya tentu juga lain karena roh yang kita kenal adalah roh didalam nama TUhan Yesus.

Yang ketika meguji roh kita sendiri, (alkitab mengatakan ujilah roh, ujilah Aku kata Tuhan contoh pada pemberian perpuluhan) sebagai contoh ketika kita mengangap sesuatu yang mustahil/luar biasa akan terjadi dan itu terjadi dalam hidup kita, persoalannya apakah kita telah meminta itu terjadi dalam doa kita atau itu terjadi begitu saja.

Biasannya orang yang tidak beriman mengatakan kejadian itu sebagai takdir, tetapi sebagai orang beriman ia akan mengatakan itu sebagai anugrah. Dan jika itu terjadi dalam doa kita hanya sekali mungkin kita akan mengatakan itu takdir juga, tetapi jika hal2 itu terjadi berkali2 dari hasil doa kita maka itu bukan takdir tetapi hasil kerjasama kita dengan Tuhan didalam doa kita. Kerjasama itu adalah kerjasama rohani, roh kita dan Roh Tuhan di dalam doa.

Sekarang coba kita fahami dari tiga syarat diatas. Ber iman, hidup dalam persekutuan dan menguji roh kita sendiri. Inilah yang dikatakan proses pengenalan Tuhan secara pribadi di dalam persekutuan.

Bagai mana memulai itu semua? untuk memulai berkontak secara rohani di dalam doa kita tentunya harus memenuhi kehendak Tuhan yaitu, hidup kudus dan hidup didalam persekutuan serta merenungkan firman Tuhan didalam hari2 kita. Dan satu lagi adalah HENDAKLAH KAMU SEMPURNA KARENA BAPA SEMPURNA, menurut saya ayat ini adalah kesimpulan dari semua ajaran mengenai ketuhaan, dan kita diproses untuk menjadi seperti itu. Apakah ini mudah atau sulit? Tanya diri anda masing2, apakah kita mau meletakkan jiwa/pikiran kita kepada roh kita sehingga kita dapat menggunakan roh kita untuk berkontak dengan Tuhan Roh itu, disinilah kuncinya dan semua itu kembali kepada manusianya.

Saya kurang setuju jika dikatakan bahwa yang menentukan siapa yang akan masuk atau tidak kedalam Kerajaan Surga adalah Hak Tuhan semata. Apakah ini benar? Jika itu yang terjadi maka sia-sialah Tuhan Yesus datang kedunia ini membawa jalan keselamatan bagi umat manusia. Coba baca perumpamaan sikaya dan simiskin yang memiliki seekor domba, lalu domba si miskin disembelih pada saat si kaya melakukan vesta, dan tentunya si miskin sangat kecewa dan ketika keduannya mati dan sikaya masuk ke dalam tempat yang terdapat kertak gigi dan penderitaan (Neraka) dan sikaya meminta kepada Musa untuk menyampaikan berita bahwa Tolonglah sampaikan kepada saudara2 ku di bumi agar mereka bertobat, lalu apa jawab Musa.....................sudah ada pengajaran tentang keselamatan (maaf ayat ini saya agak lupa, tapi isinya kira2, Yesus telah mengajarkan kamu utuk melakukan perbuatan2 yang benar di hadapan Tuhan).

Saya rasa apakah manusia dapat masuk kedalam kerajaan Surga itu bukan terserah Tuhan lagi, tetapi terserah manusia. Sejak manusia memilih pohon pengetahuan, dan Tuhan Yesus telah mengajarkan keselamatan secara sempurna maka manusia dibebaskan untuk memilih ia mau masuk kerajaan surga atau neraka.

Sekarang kita batasi mengenai iman Kristen saja. Alkiab mengatakan bersuka citalah roh, jiwa dan tubuh. Lalu apakah fungsi tubuh, fungsi jiwa dan fungsi roh? dan mengapa kita harus bersuka cita didalam ketiga bagian itu? Karena didalam kekristenan sukacita itu sempurna.

Mengenai kematian manusia, sekarang kita coba ambil contoh sejarah misionaris di tapanuli, menurut informasi yang saya tahu pada awal pengabaran injil di tanah batak ada misionaris yang dibunuh oleh orang-orang primitif pada waktu itu, dipotong-potong lalu dimasak sedemikian rupa dan di makan bersama-sama, lalu kemana lagi anda akan mencari misionaris itu, kuburannya pun tidak ada, ia sudah dicerna di dalam perut orang-orang itu dan setelah itu keluar menjadi sesuatu yang nazis bahkan kemudian mungkin dimakan babi lagi, dan lalu dia keluar lagi sebagai produk kedua dan menjadi pupuk. Apakah dia sekedar tidur? Atau bagai mana anda dapat menerangkan semua itu didalam pemahaman secara jiwa? tidak mungkin saudaraku, bagaimana sang misionaris itu akan dibangkitkan pada hari kedatangan Tuhan?

Jawaban semua itu adalah kembali ke prinsip roh/rohani. Semua akan dibangkitkan sebagai manusia rohani.

Apa yang saya tulis ini bukan untuk diterima begitu saja atau dipercaya begitu saja, tetapi saya hanya mengajak kita menyelidiki isi alkitab di dalam kesempatan yang ada.

No comments: