INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Monday, January 11, 2010

Roh Kudus adalah Tuhan yang Selalu Online dan Available (Tinjauan Bible)
Yesus Membangun Online Sistem

Beberapa waktu sebelum ditangkap untuk diadili dan salibkan, Yesus mencoba menerangkan apa yang akan dialaminya. Ia mengatakan bahwa Dia akan segera meninggalkan murid-murid karena akan ditangkap dan disalib. Saat itu Yesus ingin menerangkan perubahan dimensinya dari % manusia (concrete) menjadi % roh (manusia-roh/abstract). Selain itu, Yesus mengatakan walaupun Ia akan kembali kepada Bapa di syurga namun Yesus juga mengatakan akan segera kembali bersama-sama mereka murid-murid dan orang percaya dalam wujud yang lain yaitu ROH-adanya. Yesus pergi mempersiapkan tempat bagi murid-murid dan orang percaya karena adanya perubahan yang Ia alami dari Manusia menjadi Roh. Dapat di baca dalam ayatdibawah ini: Yohones 14:
1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.
2; Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. SebabAku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.
3:Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
4: Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”
Ayat 1-2 ini menyatakan bahwa Yesus akan pergi ketempat Bapa (tempat Roh). Dan Tuhan menyediakan Tempat bagi manusia yang adalah tempat roh berada.
Ayat 3-4 mengatakan bahwa tempat itu adalah tempat dimana Yesus juga boleh hadir. Tempat itu adalah tempat dimana Manusia dan Tuhan (roh) boleh saling hadir bersama, sama-sama menempati tempat yang sama. Dan orang percaya mengetahui kemana dia pergi menuju tempat itu (4).
Yesus menyampaikan ini sebagai sebuah petunjuk bahwa manusia selalu bisa kapan saja untuk bertemu dengan Tuhan asalkan manusia itu tahu dimana tempat itu. Pada dasarnya Yesus sedang membangun ONLINE SISTEM bagi hubungan Tuhan dengan Manusia. Lalu dimanakah tempat itu? Dimanakah tempat manusia dapat bertemu dengan Yesus setelah Ia kembali kepada Bapa di syurga?
Yesus menjamin kehidupan orang percaya di dalam sistem online dan available
Yesus menjamin kehidupan orang percaya dengan sistem yang dibangunnya, Yesus sendiri berkata di dalamYohanes 1410-14: bahwa sistem yang Ia bangun bersatu dengan sistem yang dibangun Bapa/Allah (10-11),sehingga dengan sistem itu akan sangat memudahkan setiap orang percaya berkontak dengan Tuhan Bapa, segala permohonan dalam doa akan sangat mudah untuk sampai kepada Bapa. Dengan terang Yesus mengatakan bahwa karena Ia dan Bapa adalah satu, maka dengan memohon kepada nama Yesus semua itu akan didengarkan dan terjadi (14), Namun dengan syarat hendaklah mengasihi Yesus (15).
10: Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.
11: Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.
14: Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.” 15: Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.
Roh Kudus-online and Available system
Roh kudus adalah Roh yang dijanjikan oleh Yesus kepada murid-muridnya beberapa waktu sebelum Yesus ditangkap. Yesus berusaha menerangkan sistem online yang telah dirancang Tuhan untuk murid-muridnya dan semua orang percaya. Ayat dibawah ini adalah ayat yang disampaikan oleh Yesus sendiri:
16. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, 17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. 18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.
Dalam ayat 16 jelas dikatakan bahwa Yesus meminta kepada Bapa sesuatu yang memungkinkan AGAR TETAP ONLINE DAN AVAILABLE yaitu seorang penolong yang lain yang akan menyertai manusia selama-lamanya (kekal/unlimited). Yaitu ROH KEBENARAN = ROH KUDUS, yang datang pada hari pentakosta (karena saat itu belum datang). Dunia tidak mengenal Dia karena dia adalah Roh yang specifik di dalam Yesus dan Bapa, tetapi orang percaya mengenal Dia karena percaya kepada Yesus sebagai juru selamatnya. Sekali lagi Yesus mengatakan Dia akan kembali kepada murid-murid, namun dalam bentuk Roh.
Ayat di bawah ini menerangkan bahwa orang percaya dan Yesus akan saling mengenal karena ROH KUDUS akan tinggal di hati orang percaya dan roh orang percaya dan Roh Yesus Kristus akan dapat senang tiasa berinteraksi secara Roh-roh (19). Hal ini akan membuat semakin banyak orang percaya bahwa Yesus dan BAPA adalah satu (20). Dengan syarat seperti yang disampaikan pada ayat 21 di bawah.
19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup. 20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”
Tempat itu adalah di HATI MANUSIA
Bahwa Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya (Amsal nabi Sulaiman 20:27), sehingga sesunguhnya Tuhan di dalam Yesus ingin menegaskan kembali bahwa hati manusia adalah tempat manusia berkontak dengan Tuhan. Yesus menegaskan kembali hal itu bahwa setelah Ia kembali bersatu dengan Bapa maka Yesus dalam bentuk Roh dapat kembali kepada orang percaya ditempat yang telah disediakan yaitu hati manusia. Roh Tuhan dan roh manusia dapat saling berkontak di dalam hari manusia. Roh kudus yaitu Roh kebenaran yang ada di hati manusia itu akan menolong dan menjalin hubungan secara ONLINE antara Tuhan dan manusia secara rohani. Dengan adanya Roh kudus dihati manusia maka seperti yang dikatakan Yesus, bahwa Ia dan Bapa adalah satu dan juga Rohkudus adalah berasal dari Bapa maka ROH itu selalu bersedia/selalu ada (available) untuk menerima segala permohonan orang percaya dan Tuhan selalu mendengarkannya.
Kesimpulan
Hati manusia adalah tempat roh manusia yang dapat digunakan untuk berkontak dengan Tuhan secara ROh-roh. Roh Yesus=Roh Bapa=Roh Kudus didalam fungsi ROH yang secara satu kesatuan untuk melayani, melindungi, mengasihi, memperbaharui, mengingatkan, memberkati dan seterusnya secara online dan tersedia kepada orang-orang percaya. Roh Kudus adalah sistem online dan available yang disiapkan Tuhan melalui Yesus demi memudahkan hubungan dengan manusia. Tuhan selalu online dan available (bersedia) untuk memberikan semua kasih dan kebaikan bagi manusia yang mengasihi Yesus. Karena Yesus dan Bapa adalah satu, dan segala permohonan manusia atas nama Yesus akan sampai kepada Bapa.

No comments: