INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Monday, July 4, 2011

Bangsa Yahudi Lahir Dari Iman Seorang Abraham.


The great prophet Abraham

The great prophet Abraham

Seorang tua ini sudah berumur 75 tahun dan istrinya sudah 65 tahun, Tuhan memangilnya untuk keluar dari Ur menuju tanah perjanjian di Kanaan. Orang tua ini dijanjikan oleh Tuhan bahwa dia akan mendapat keturunan dan keturunannya akan menjadi bengsa yang besar dan bangsa yang termasyur. Dia pun bersama istrinya pergi dari dataran Mesopotamia menuju tanah itu. Hanya satu modalnya saat itu, yaitu adalah iman. Orang tua ini bahkan sama sekali belum memiliki anak, mereka harus meningalkan keluarganya dan tanahnya dan pergi menuju tanah perjanjian yang diperintahkan Allah karena akan mendapatkan keturunan dan menjadi bangsa yang besar. Modalnya adalah hanya iman percaya akan janji Tuhan.

Tanah itu tanah yang subur dan tempat yang menarik, orang ini pergi kesana, kemari seputaran kanaan, pindah dari sana dan sini, membuat mezbah persembahan untuk memuliakan Tuhan, semua dilakukan agar Tuhan memberkati mereka dan tidak lupa memberikan janjiNya kepada orang tua ini.

Namun manusai kurang sabar menunggu janji Tuhan, mereka mengawini pembantu dari Sarai/Sarah bernama Hagar, dan Hagar melahirkan anak benama Ismael. Tetapi Tuhan tidak sependapat dengan rencana ini, itu adalah rencana manusia bukan rencana Tuhan. Ini adalah sebuah pembelajaran sifat manusia, bahwa manusia yang mengaku bertuhan seperti orang tua ini, memilki pasang surut dalam beriman. Namun wajar juga bagaimana mungkin Sarah yang sdh semakin tua melahirkan keturunan lagi? Mungkin Tuhan menginginkan orang lain memberikan keturunan pada Abraham….lagi-lagi manusia keliru.

Janji TUhan pada Abraham akhirnya terpenuhi dan Sarah hamil pada usia sekitar 90 tahun, wow tidak ada yang mustahil dihadapan Allah bukan? Inilah janji Allah yang sesunguhny, lahirlah ISHAK keturunan bangsa besar itu. Ishak menjadi leluhur dari bangas Yahudi, bangsa pilihan ALLAH melalui keturunannya. Inilah sebuah bukti bahwa Tuhan sungguh menepati janjinya bagi bangsa ini.

Tuhan menguji Abraham dengan memintanya memberikan persembahan kurban, dan TUhan meminta Ishak sebagai persembahan kurban itu. Sekali lagi inilah sebuah proses pemurnian manusia pilihan Tuhan. Tuhan mencobai Abraham (special untuk Abraham disebut percobaan). Ini bukan hal yang sederhana, namun apa didalam benak Abraham? Tidak ada yang ada hanya iman dan ia mengikuti apa kata Allah. Namun dia adalah pemenangnya, imannya menyenangkan hati Tuhan. Dari pencobaan ini dan kemenangan ini dia/Abraham dimuliakan Tuhan, keturunannya menjadi Bangsa Pilihan, menjadi unggul dan luar biasa.

Artinya bahwa dalam kehidupan bangsa Yahudi, Tuhan selalu mewarkan berbagai syarat untuk mereka tetap di berkati Tuhan. Inilah sebuah bangsa yang sudah terlanjur Tuhan pilih dan Tuhan adalah Ya dan AMIN dan Tuhan tetap memakai Israel untuk menunjukkan kekuasaanNya dan disisi lain menghukumnya.

Seperti Abraham yang dipangil keluar dan mendapatkan Kanaan sebagai tempat yang dijanjikan Tuhan, demikianlah Tuhan adalah mutlak, sehingga apa yang terjadi saat ini yang diangap manusia sebagai sebuah kekeliruan Tuhan memilih bangsa ini, namun Tuhan tetap YA dan Amen. Cara yang terbaik untuk bangsa-bangsa di dunia adalah bekerjasama dengan bangsa ini, atau anda akan mendapat kutuk, demikian kata alkitab, orang/bangsa yang mengutuk orang/bangsa Yahudi akan mendapat kutuk. Bagaimana dengan Indonesia yang mengutuk Israel…………..kita lihat saja.

No comments: