INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Wednesday, November 21, 2012

Love, Sex and Dating .........some explanation

enjoying with GOD rules 


Keterangan lebih lanjut dari CINTA  yang terkait dengan: KENCAN/DATING  ====> KOMMITMEN/COMMITMENT   ===> SEKS/SEX. 

*Kencan dalam arti untuk saling mengenal, memahami dan berbagi cerita, memperkenalkan diri, keluarga, orang tua dan sahabat.

*Komitmen dalam arti mencapai kesepakatan dalam kencan selama ini  dan memutuskan untuk saling mencintai dan masuk dalam proses kencan yang lebih intim hingga membuka peluang untuk menikah. Komitmen menjadi pacar seharusnya mendapat konfirmasi dari kedua belah pihak agar arahnya semakain jelas. Tanpa persetujuan orang tua maka kerumitan bisa menjadi bagian dari hubungan yang lebih lanjut. 

*Seks dalam arti  melakuakan hubungan kelamin bagaikan sepasang kekasih yang telah menikah. Hanya dan jika hanya telah menikah, diberkati di dalam gereja. Ingat bahwa pemberkatan oleh Pastor/Pendeta adalah mengundang TUHAN yang adalah KUDUS 3x. Jagalah kekudusan bersama agar kehadiran TUHAN dalam permberkatan menjadi hubungan yang Kudus dan Kudus (baca TUHAN dan Keluarga baru ini).

Dalam ketiga hubungan ini tekaitlah kasih Philia/persahabatan, Eros/romtika dan Storge/keluarga. Kasih ALLAH adalah bersifat tanpa batas Agape (C.S. Lewis, 1960).

Mari melihat berbagai interaksi dari ketiga hal di atas terhadap hubungankepada sesama:
1. Kencan tanpa komitmen dan seks => Persahabatan => contoh: teman di kelas .
Seperti kita dengan teman-teman di kelas, tidak harus seiman dan semuanya karena kita mencintai sesama manusia.


2. Kencan dengan komitmen tanpa seks =>persahabatan yang baik ==> Sahabat dekat/baik.
Persahabatan dengan berbagai komitmen, misalnya Bible study bersama dan sebagainya, selain tentunya membuka peluang untuk kommitmen khusus seperti menjadi pacar dan bahkan ke jenjang pernikahan.

3. Kencan dengan seks tanpa komitmen => Romatika semata ==> seks bebas/error.
Hal-hal seperti ini membuat timbulnya kejahatan, sebuah ketergantungan saling mengancam dan sebagainya apalagi jika melulu motivasi seks.

4. Kencan dengan komitmen  dan lalu seks => Sempurna ==> model keluarga Kristen.
Sempurn = Sempurna seharusnya melalui tahapan ini.

Proses cinta/love dalam perkembangan hubungan dan waktu

1.        Kencan ==> Komitmen  ===> Seks =  cinta yang sepenuhnya, menikah dan berkeluarga
Ini adalah yang sesuai dengan prosedure, kencan dalam arti berbagi cerita dan pengalaman, kemudian memilki kecocokan dan berkomitmen untuk berpacaran, lalu kencan yang lebih intim dan sepakat untuk menuju kepada pernikahan dan akhirnya melakukan hubungan seks dalam membangun keluarga dan kesinambungan kehidupan manusia (turunan).

2. Kencan ==> Seks ==> Komitmen = cinta yang beresiko
Kencan yang dilanjutkan seks tanpa komitmen adalah cinta yang beresiko, dapat gagal dalam membangun komitmen tetapi sdh terlanjur melakukan hubungan seks. Akan ada sisa yang tertingal dalam hubungan ini jika tidak diakhiri dengan perkawinan. Seks sebelum menikah adalah perzinahan.

3. Komitmen ==> Kencan ==> Seks = cinta yang terikat dengan budaya
Hal sepetti ini terjadi di Alkitab, ketika Abraham meminta seorang stafnya mencarikan istri buat anaknya Ishak kekampung halamannya. Sang pasangan telah terikat secara komitmen dan selanjutnya melakukan kencan, namun disaat kencan tidak terdapat kecocokan maka hubungan akan berakhir dan semua akan baik karena halyang suci hal hubungan seks belum terjadi.

4. Komitmen ==> Seks ==> Kencan = cinta yang  tidak cukup (inadequate love)
Cinta dengan komitmen dan dilanjutkan dengan seks akan memilki resiko pengenalan individu yang tidak cukup. Kasus ini dapat menimbulkan seorang yang sdh menikah merasa ada sesuatu yang dirahasiakan oleh sang pasangan dan dapat mengakibatkan perceraian setelah pernikahan dan itu adalah tidak berkenan dihadapan ALLAH.

5. Seks  ==> Kencan ==>Komitmen = cinta yang  romantik tetapi bodoh
Adalah tindakan yang bodoh dan bukan sekedar beresiko, cinta seperti ini banyak terjadi karena romantika/seks melulu. Didalam lingkungan modern ini sedang terjadi dan sangat merendahkan manusia sebagai ciptaan TUHAN.

6. Seks ==> Komitmen ==> Kencan =  cinta yang melulu romantik dan beresiko
Cinta seperti ini juga tidak sesuai dengan apa yang sewajarnya, karena motivasi seks membawa kepada komitmen, padahal kualistas seks dapat saja menurun sehingga komitmen dapat mengakibatkan tidak dapat dipertahankan.

7. No kencan + no komitmen + no seks = tidak ada cinta
Hal ini dapat terjadi kepada orang yang patah hati, gagal dalam membagun hubungan cintanya dan akhirnya memutuskan bahwa cinta adalah omong kosong belaka……….

Arah yang seharusnya: Kencan ==> Komitmen  ==> Seks ==> membangun keluarga.

Jangan merusak persahabatan menjadi sekx bebas karena tidak mengenal hal-hal mendasar akan hubungan cinta, seks dan kencan. 

Kunci dari hubungan ini adalah JANGAN MELAKUKAN SEKS sebelum memiliki komitmen dan telah diberkati dalam pernikahan. Hindari pernikahan sebelum memiliki kencan yang cukup satu sama lain, saling mengenal, memahami adalah proses yang penting.

No comments: