INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Saturday, November 17, 2012

Love, Sex and Dating.


sebuah lintasan..............................
Allah adalah kasih (1Yoh. 4: 8 and 16) =èAllah mengasihi manusia  (Yoh.3 16 and 15: 13; Ef. 5:2/Agape)=è Manusia mengasihi Allah (Markus 12: 30; Yoh 15: 9-12)  =è Wujud kasih Allah, manusia kasih kepada sesama (Markus 12: 31; Yoh 13:34; 1 Yoh 4: 7-11)=è Kasih khusus terhadap seorang individu lawan jenis (Kej. 1: 27-28; 2: 18)=è Love/Cinta =è Kencan =èKomitmen =è Seks

*Kencan dalam arti untuk saling mengenal, memahami dan berbagi cerita.
*Komitmen dalam arti mencapai kesepakatan dalam kencan selama ini  dan memutuskan untuk saling mencintai dan masuk dalam proses kencan yang lebih intim hingga membuka peluang untuk menikah. 
*Seks dalam arti  melakuakan hubungan kelamin bagaikan sepasang kekasih yang telah menikah. 
Dalam ketiga hubungan ini tekaitlah kasih Philia/persahabatan, Eros dan Storge.

Kasih kepada sesama:
1.         Kencan tanpa komitmen dan seks =è Persahabatan è contoh: teman di kelas .
2.         Kencan dengan komitmen tanpa seks =è Persahabatan yang baik è Kawankita.
3.         Kencan dengan seks tanpa komitmen =è Romatika semata è seks bebas/error.
4.         Kencan dengan komitmen  dan lalu seks =è Sempurna è keluarga Kristen.

Proses cinta/love dalam perkembangan hubungan dan waktu
1.         Love è Kencan è Komitmen è Seks =  cinta yang sepenuhnya, menikah dan berkeluarga
2.         Love è Kencan è Seks è Komitmen = cinta yang beresiko
3.         Love èKomitmen è Kencan è Seks = cinta yang terikat dengan budaya
4.         Love è Komitmen è Seks è Kencan = cinta yang  tidak cukup (inadequate love)
5.         Love è Seks è Kencan è Komitmen = cinta yang  romantik tetapi bodoh
6.         Love è Seks è Komitmen è Kencan =  cinta yang melulu romantik dan beresiko
7.         Love è no kencan + no komitmen + no seks = tidak ada cinta
Arah yang seharusnya: Kencan =è Komitmen =è Seks =è membangun keluarga.

Pandangan Alkitab:  

* Manusia adalah ciptaan yang MULIA: Genesis 1: 27. Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka, sangat Baik. =è Pada awalnya baik dan jangan  di cemari.

* Harus seiman/Cinta Yesus, 1 Korintus 3 :11 Karena tidak ada seorangpun yang dapat meletakkan dasar lain dari pada dasar yang telah diletakkan, yaitu Yesus Kristus. Sebab semua orang yang dipimpin oleh Roh Allah adalah Anak Allah (Roma 8:14).  Keuntungan mengasihi orang yang telah mengenal KASIH YESUS =è Kalau saja kita dapat mengasihi Yesus seorang yang rela mati demi kesalahan dan dosa orang lain/manusia, maka sesunguhnya tidak sulit untuk mengasihi orang lain apalagi, kekasih istri dan keluarga.

*Berkencan di dalam TUHAN 2 Kor. 3:17 Sebab Tuhan adalah Roh; dan di mana ada Roh Allah, di situ ada kemerdekaan. Kita diingatkan è Roma 8:6 Karena keinginan daging adalah maut, tetapi keinginan Roh adalah hidup dan damai sejahtera. 7 Sebab keinginan daging adalah perseteruan terhadap Allah, karena ia tidak takluk kepada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya. 8. Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah.

*Memelihara Keilahian kita. Roh yang ada didalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia (1 Yoh 4:4). Manusia adalah roh, jiwa dan tubuh (1 Tes. 5:23), roh manusia adalah alat berkontak dengan TUHAN didalam hatinya (Amsal 20:27). Love/cinta adalah produk jiwa dalam berlogika, perasaan, emosional dll maka seharusnya manusia mengunakan roh/rohaninya dalam mengendalikan cintanya agar tidak jatuh kekeinginan/gairah seks/daging melulu.  CINTA yang adalah produk jiwa manusia seharusnya kembali ke rohnya berkontak dengan TUHAN agar tidak jatuh kepada keinginan seks disaat berkencan. Roh/Tuhan ==è Jiwa/manusia ==è Seks/badan  dan bukan  Jiwa =è Seks tanpa roh.

* Hubungan kekal. Efesus 5: 25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya. Mat. 5:32, Tetapi sekarang Aku berkata kepadamu: barangsiapa menceraikan istrinya padahal wanita itu tidak menyeleweng, menyebabkan istrinya itu berzinah, kalau istrinya itu kawin lagi. Dan barangsiapa yang kawin dengan wanita yang diceraikan itu, berzinah juga.  =è Dosa yang besambung

* Jangan berzinah. Tetapi sekarang Aku berkata kepadamu: barangsiapa memandang seorang wanita dengan nafsu berahi, orang itu sudah berzinah dengan wanita itu di dalam hatinya. (Mat 5:28).  Kenapa begitu ketat Yesus berkata demimikian?  Yakobus 1: 13 Karena Apabila seorang dicobai, janganlah ia berkata: “Pencobaan ini datang dari Allah!” Sebab Allah tidak dapat  dicobai oleh yang jahat, dan Ia sendiri tidak mencobai siapapun. 14 Tetapi tiap-tiap orang dicobai oleh keinginannya sendiri, karena ia diseret dan dipikat olehnya.
I Kor 6:18, Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi diluar dirinya. Tetapi orang yang melakukan percabulan berdosa terhadap dirinya sendiri.

Hal yang perlu diperhatikan dalam berkencan adalah: 

Kecocokan hubungan  ini memerlukan proses, bukan sekedar kesan pertama.
1.  Sikap seorang Individu:  mengendalikan ego dalam berbagai kepentingan .
2.      Proses kepada pemahaman akan hal perkawinan.
3.      Menghindari fokus pada sisi seks dan melupakan hal spiritual. Padahal seks dan spiritualisme adalah dua koin yang saling berhubungan dan bukan berlawanan. Seks adalah diciptakan Tuhan, itu adalah baik dan sangat baik. 
4.      Menghindari Kultur yang mempengaruhi hal sexualitas  kelompok manusia. 
5.      Bekerja sama dalam pengenalan akan TUHAN: 
6.      Mental playboy harus di waspadai. 
7.    Menghindari media yang salah dalam pengenalan akan seks. Seks banyak yang masih ditabukan padahal   itu akan di lakukan. Sehingga banyak yang berjalan dalam kebingungan.
8.      Seks dan uang, karena uang banyak rumah tangga yang kacau dan terpisah.
9.      Seks and spiritual adalah harus sejalan dan ada kesalahan bahwa melalui seks menuju spiritual  adalah sebuah kesalahan,karena kehidupan adalah milik TUHAN sehingga pemahaman hal seks harus dimulai dengan pengenalan rohani. 
10.  Bagaimana kita membangun kehidupan sesama kita akan baik-baik saja itu adalah omong kosong. Kita menghadapi banyak tantangan dalam hubungan kita dan untuk semua itu kita meminta TUHAN dengan iman kita untuk memberikan pengertian kepada kita akan masalah yang kita hadapi.

Bagaimana jika sdh terlanjur melakukan dosa seks:
1 Yoh. 1:9 jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.
Petrus 8:4 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.  1. Kor 14: 1a Kejarlah Kasih………….
Dosa perzinahan dapat di ampuni dan kasih itu mampu melupakan masa lalu orang yang tidak baik, masa lalu menjadi memori yang negatif dalam sebuah hubungan. Namun didalam kasih Yesus bahkan mampu menutupi segala pengalaman dan dosa seperti pengalaman Rasul Petrus tertulis di dalam bible. 

Ref. -Robert J. Sternberg, "Triangulating Love", in T. J. Oord ed. The Altruism Reader 
          -  C. S. Lweis The four of  love, 1960.
          - Augustine M,  Not Sundering What God has Joined, Oct 7th 2012: youtube link.
           - Bible
           - Wikipedia

BY BODE HARYANTO: DISAMPAIKAN PADA PA KAWAN KITA NOVEMBER 2012, NCKU TAINAN TAIWAN

No comments: