INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Wednesday, September 4, 2013

SISTEM KESELAMATAN Yang Exclusive Telah Menjadi Universal didalam Yesus...

Jembatan menuju tempat/posisi/keselamatan 


Sebagai pembanding: 
Yesaya menyampaikan firman Tuhan : AKULAH YANG MENCIPTAKAN NASIB MALANG DAN MENJADIKAN NASIB MUJUR (Yes. 45:6). Kalau kita memgangaplah pernyataan di Yesaya itu dia sebagai nabi dengan fungsi khusus kepada bangsa Israel. Kalau kita anggap Israel sebagai sebuah satu kesatuan SISTEM, maka pernyataan itu berlaku hanya kepada bangsa ISRAEL yang adalah sebuah sistem didalam KINGDOM OF GOD.

Karena oleh nabi yang dengan fungsi khusus, lalu bagaimana  dengan PERNYATAAN NABI ITU, apakah  orang lain, bangsa lain, para penyembah berhala dan semua  yang berada diluar sistem juga berlaku hal ini?

Kalau seorang hidup diluar sistem TUHAN maka siapa yang menjadii hakimnya? Siapa yang mengendalikan dirinya? Supaya kita jangan meilhat sedikit sedikit dan semunnya dikaitkan kepada TUHAN,  padahal itu kehendak bebas mereka yang tidak bersumber dari TUHAN dari dalam sistem TUHAN. 

Dalam sisi pilihan TUHAN itu sendiri, di PL misalnya fokusnya kepada Israel, oleh karena itu semua perkataan Nabi bersifat ekslusif, namun setelah di PB maka semua itu bersifat universal. Karena dari apa yang terbaca sepertinya ada yang membedakan perlakuan TUHAN terhadap manusia adalah masa Yesus dan setelah hadirnya Roh Kudus. Ada hal yang menjadi lebih mudah setelah YESUS dan hadirnya ROH KUDUS, minimal dalam mengenal siapa itu ALLAH/YAHWEH. Karena Allah,Yesus dan Roh Kudus telah menjadi satu kesatuan didalam pengenalan akan Yesus dan dalam pertolongan Roh Kudus kepada manusia yang percaya.

Secara umum bahwa TUHAN telah menyediakan segalanya, dan kembali kepada manusia. Apakah mau menerima Yesus atau tidak. Itu adalah keselamatan universal yang ditawarkan kepada manusia. Ini terbuka untuk umum.

Namun disisi lain maka dalam hal keselamatan ini di PB jelas sekali bahwa HANYA manusia yang menerima Yesus yang masuk didalam SISTEM  KESELAMATAN dan  system itu dibangun di dalam GEREJA. Mereka dikatakan HIDUP DALAM PERSEKUTUAN/Gereja adalah hidup secara rohani bukan gereja secara organisasi.

Sehingga tidak semudah yang dilakukan beberap gereja  sebagai contoh misalnya maaf misalnya Katolik, orang mati pun bisa dapat diselamatkan. Dalam hal ini akan menghasilkan ERROR, banyak penjahat yang telah mati dari keluarga Kristen yang selama ini diluar kehidupan persekutuan didalan gereja, melakukan tindakan diluar nilai-nilai rohani namun minta disucikan dan didoakan masuk kedalam sorga atau secara singkat doa setelah kematian. Hal ini tidak sesuai dengan alkitab kita, tapi saya tidak tahu alkitab mereka......Karena contoh saat  menulis hal untuk apa gereja mendoakan Osama Binladen seperti oleh gereja Katolik ,lalu katanya  mereka juga memiliki referesi kebiasaan orang katolik yang tidak ada dalam alkitab kita jadi kita tentunya mereferensi ke Alkitab kita.......

Ada perbedaan yang mendasar akan hal keselamatan, padahal dalil nya sdh dijelaskan didalam Alkitab. Alkitab bukan sekedar mengajarkan KASIH tetapi hingga kepada HARTA SORGA, dan disana alkitab memilki standarnya yaitu kasih dari dalam hati yang tumbuh karena tunduk kepada TUHAN dengan segenap, hati, jiwa kita sebagai hokum yang pertama. Diluar itu maka hal2 seperti itu bukanlah kasih yang bersumber dari ROH ALLAH tetapi kasih yang Kondisional.

 Saat Yesus didalam kubur Yesus mendatangi orang-orang terkemuka di PL untuk mentahirkan mereka dari kematian sehingga semua memilki amugrah yang sama di dalam orang percaya setelah Yesus...Kalau menurut referensi alkitab  disebuah  catatan kaki, bahwa hal penyelamatan roh di 1 Petrus dibagi 2: yaitu kepada roh yang dipenjara, ini menyagkut kepada para Malaikat yang tidak setia kepada TUHAN dan dipenjara dalam arti ditempatkan di satu tempat khusus untuk diselamatkan (1Petrus 3:19). Yang kedua mengacu kepada orang-orang saleh yang telah wafat terlebih dahulu yaitu 1 Petrus 4:6 dalam hal ini dikatakan Yesus menginjili mereka yang telah lebih dahulu telah mati dan khususnya yang telah bekerja untuk kemuliaan TUHAN dimasa sebelum Yesus. Namun intinya bahwa Yesus disaat itu didalam alam maut, Ia telah melakukan hal itu demi menyamakan semua manusia di hadapan TUHAN khususnya bagi orang yang telah melayani TUHAN, mungkin para nabi dan kaum kudus dimasa sebelum Yesus dan bukan kepada orang yang tidak dikenalNYA didalam SISTEM KESELAMATAN yang dibangunnya di DUNIA ini.


No comments: