INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Friday, May 13, 2011

Roh dan Jiwa…. Sebuah Pemahaman


Spirit, Soul and Body

Spirit, Soul and Body

Manusia terdiri dari roh jiwa dan tubuh, secara rohani manusia dapat dibagi 2 yaitu

1. Manusia dengan roh, jiwa dan Tubuh. Manusia yang menghidupkan rohnya (orang-orang yang mengaku beragama dan percaya adanya kekuatan supra/Tuhan) .

2. Manusia dengan jiwa dan Tubuh saja. Orang yang tidak menghidupkan rohnya (mati secara rohani seperti ateis yang totally mengandalkan logika/jiwa/soul, roh itu ada tetapi tidak dihidupkan/mati).

Yang difokuskan dalam pembahasan ini adalah model pertama. Model pertama kelompok dengan manusia yang memilki roh. Namun permasalahan selanjutnya adalah kepada siapakah mereka membangun rohnya? Sorang Kristen membangun rohnya kepada Yesus. Yang lain membangun rohnya kepada Tuhan atau supra nya masing-masing, yaitu kepada roh roh lain, dan semua itu sangat jelas diterangkan dalam alkitab hingga kepada siapa yang berhak menghakimi setiap orang.

Mat. 12: 27; Lukas 11: 19 Jadi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Beelzebul, dengan kuasa apakah pengikut-pengikutmu mengusirnya? Sebab itu merekalah yang akan menjadi hakimmu.*

Artinya para penyembah setan akan dihakimi oleh roh sesembahannya.

Kembali ke pemahaman akan jiwa manusia. Jiwa itu ada selama seorang manusia itu masih bernyawa. Apakah matinya karena dirajam, ditembak, digantun, sakit, karena apapun juga tidak masalah, yang pasti jiwa mati seiring berpisahnya nyawa dengan badan.

Apakah arti jiwa (soul)? Jiwa adalah semangat, keingin tahuan (pikiran) emosi dan sebagainya. Kalau orang sudah mati apakah mereka masih memilki semangat, emosi dan keinginan. Semua telah mati.

Itulah Tuhan adalah Tuhan yang untuk yang masih hidup, agar Tuhan, Roh Kudus dapat mengendalikan Jiwa mereka agar tidak menghasilkan produk semangat yang jahat, emosi yang tidak terkendali, keinginan kotor dan sebagainya. Jadi Tuhan adalah Tuhan yang bagi manusia hidup kalau sudah mati tidak perlu lagi, semua orang mati sdh selesai secara jiwa, dan selanjutnya terserah Tuhan.

Bagaimana menjelaskan kedua ayat Wahyu di bawah ini hal jiwa.

Wahyu 6 : 9. 10 Dan ketika Anak Domba itu membuka meterai yang kelima, aku melihat di bawah mezbah jiwa-jiwa mereka yang telah dibunuh oleh karena firman Allah dan oleh karena kesaksian yang mereka miliki.

Wahyu 20:4Lalu aku melihat takhta-takhta dan orang-orang yang duduk di atasnya; kepada mereka diserahkan kuasa untuk menghakimi. Aku juga melihat jiwa-jiwa mereka, yang telah dipenggal kepalanya karena kesaksian tentang Yesus dan karena firman Allah; yang tidak menyembah binatang itu dan patungnya dan yang tidak juga menerima tandanya pada dahi dan tangan mereka; dan mereka hidup kembali dan memerintah sebagai raja bersama-sama dengan Kristus untuk masa seribu tahun.

Dari kedua ayat diwahyu ini jelas dikatakan jiwa-jiwa yang mati, telah dibunuh. Kedua ayat itu relevan dengan penjelasan di awal paragraf akan jiwa yang mati.

========================================================
Lalu apanya yang tetap hidup?

Yang hidup adalah rohnya, yang kekal adalah roh manusianya.

Seperti Jiwa dan Roh demikian sendi/tulang dan sumsum, tulang sudah terpengal artinya sudah remuk maka tulang itu sudah mati tetapi karena sumsum masih berfungsi dan ada masih dapat di selamatkan. Karena fungsi sumsum sangat penting sebagai fungsi hidup dari sistem syaraf dan fungsi tranfer lainnya didalam tulang. Dalam hal ini, manusia yang tidak percaya kepada Tuhan sama seperti orang yang hanya ada tulang namun tidak memiliki sumsum, jiwa mereka ada tetapi roh mereka mati. Di saaat mereka mengalami kematian jiwa maka tidak ada yang dapat diselamtkan karena, tulang itu mati dan kering.

Dengan mempelajari alkitab lebih lagi kita dapat memahami hal beda jiwa dan roh seperti tertulis pada ayat dibawah ini:

Ibrani 4: 12 Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua manapun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita.

===============================================

Lalu apanya manusia yang dipengaruhi oleh Tuhan, oleh Roh Kudus?

Yaitu roh-manusianya. Agar roh manusia nya senantiasa berkontak (satu frekwensi) dengan Roh Tuhan, sehingga ketika manusia itu memilki roh yang berkontak, mereka akan menghasilkan pemikiran, semangat jiwa yang benar, sehingga perbuatan sesuai dengan kehendak Tuhan.

Disinilah pentingnya roh itu, dan seberapa besarkah roh manusia itu itulah yang menjadi hal yang berharga untuk modal meraja bersama Yesus di Kerajaan Surga.

Dari referensi alkitab. Roh manusialah yang bersifat abadi, jiwa mati disaat nafas lepas dari raga.

Yohanes 10 ayat 28. 1 Korintus 5:5 agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan. Artinya roh-roh manusia lah yang kekal dan bukan jiwa manusia. 1 Korintus itu jelas dikatakan diselamatkan pada hari Tuhan, artinya roh manusia itu dipelihara Tuhan dan akan mengalami pengadilan sesuai perbuatannya di hari kedatangan Yesus kedua kali.

Yohanes 10:28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. 1 Korintus 5: 5 orang itu harus kita serahkan dalam nama Tuhan Yesus kepada Iblis, sehingga binasa tubuhnya, agar rohnya diselamatkan pada hari Tuhan.

======================================================

Lebih dalam hal pemahaman hal wahyu 6:9 dan 20:4 itu, dikatakan disana Mezbah berada diluar pelataran luar kemah pertemuan dan Bait Suci, pelataran luar melambangkan bumi. Karena itu ” di bawah Mezbah” berati dibawah bumi, tempat jiwa kaum saleh martir berada. Inilah tempat firdaus yang dituju oleh Tuhan Yesus setelah Ia wafat (Luk 24:23). Tempat itu berada di dalam rahim bumi (Mat 12:40). Merupakan bagian dari alam maut (Kis. 2: 27) dunia orang mati.

Artinya bahwa jiwa mereka masih berada dibumi mereka adalah mati, tetapi roh mereka ada dimana? Roh merekalah yang kekal sebagai identitas mereka disaat kedatangan Tuhan yang kedua kali. Jiwa mereka mati terkubur, dan identitas mereka adalah roh mereka karena Tuhan mengenal roh kita, baca Amsal 20:27 Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya. Dan ayat yang kita bahas sebelumnya jelas mengatakan roh manusia dipelihara Tuhan hingga kedatangannya kembali.

Coba kita lihat orang yang bertanya kepada (Mat 22: 20 han) Yesus hal Surga wanita dan banyak suami saling bersaudara, Yesus katakan kamu sesat, di surga seperti malaikat, karena disana nanti kalau masih urusan jiwa yang fana ini, pasti keinginan sex itu akan ada, namun dengan jelas dikatakan tidak ada lagi urusan seperti itu, karena memang sdh melulu roh. Ingat juga Adam dan Hawa sebelum jatuh, berapa lama mereka telanjang bersama di Eden namun mereka tidak melakukan apa hal seks, karena mereka dikuasai atau hidup didalam roh.

=========================================================================

Demikianlah roh dan jiwa.

Hal BUMI dan SURGA itu sama dengan HAL JIWA dan ROH; JIWA DI BUMI DAN ROH DI SURGA, karena hanya yang dari surga dapat kembali kesurga. Manusia memilki unsur bumi dibuat dari debu tanah, dan dihembuskan nafas oleh Tuhan sendiri pada penciptaan Adam, dari pertemuan antara debu tanah dan nafas ilahi itulah Adam memilki jiwa, namun jiwa adam lebih dikuasai roh, sebelum dia jatur kedalam dosa bersama Eva. Nafas/roh yang dihembuskan Tuhan itulah berasal dari SURGA dan dapat kembali ke SURGA. Roh itulah image Allah pada manusia, tanpa roh manusia kehilangan image/gambar Allah.

Mereka yang memilki Roh dan jiwa yang dikuduskan Bapa akan terangkat dimasa akhir zaman kasih karunia. Dan Orang-orang percaya akan diproses lebih dahulu. Sisanya bagi yang suam-suam kuku, diproses nanti disaat Yesus meraja di 1000 tahun dengan mempelainya yaitu kaum pemenang (gereja). Dan mereka yg berdosa telah dimurnikan maka bersama-sama masuk dalam New Jerusalem, langit baru bumi baru.

=====================================================

No comments: