INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Sunday, October 30, 2011

Logika Alkitab: Tuhan Sebagai Tempat Tinggal Orang Percaya


Roh Tuhan dan roh manusia dalam kesatuan

Roh Tuhan dan roh manusia dalam kesatuan

Tuhan sebagai tempat tinggal orang-orang percaya pada Tuhan, seperti yang dikatakan oleh Raja Daud dalam doanya. Tuhan, Engkaulah tempat perteduhan kami turun-temurun Mazmur 90:1. Ini merupakan sebuah logika yang hanya dapat difahami oleh orang yang beriman. Bagaimana mungkin Tuhan sebagai tempat tinggal.

Jika kita baca ayat selanjutnya maka kita akan dapat mengenal bagaimana DAHSYATNYA TUHAN itu, bagaimana berkuasanya Tuhan itu, bagaimana jika TUHAN Murka kepada manusia, Tuhan adalah ABADI, dan sebagainya semua itu menurut pengalaman Raja Daud akan TUHAN. Di akhir bab itu juga berisikan pengharapan agar Tuhan meneguhkan orang-orang percaya.

Tuhan sebagai Tempat tinggal difahami sebagai sebuah keinginan manusia agar dapat hidup dibawah kuasa dan kemuliaan TUHAN. Manusia yang tinggal didalam TUHAN menjadi manusia yang dapat membawa sejarah dalam kehidupannya Karena Tuhan akan menjaga keturunan manusia ini turun temurun, demikian seperti janji TUHAN pada Abraham akan keturunan seperti Bintang dilangit dan seperti Pasir di tepi Pantai dan itu terjadi.

Demikianlah pemahaman dan keyakinan betapa PENTINGNYA TINGGAL didalam TUHAN. Pemahaman Tinggal didalam TUHAN berkembang dengan istilah yang lebih mudah dipahami bahwa TUHAN tinggal di hati manusia. Pemahaman ini semakin sempurna di dalam YESUS. Yesus berkata KAMI akan tinggal didalam kamu Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu (Yoh.14:20).

Ini menunjukkan perubahan pemahaman akan TUHAN yang ‘LUARAN” dalam Perjanjian Lama (alkitab sebelum Yesus) menjadi TUHAN yang “DALAMAN’ di dalam Perjanjian Baru (Alkitab setelah Yesus). Walaupun dalam perjanjian lama ada sejumlah ayat yang membahas akan TUHAN yang dalam sehingga memampukan ELIA terangkat ke SURGA, namun secara umum alkitab dengan lebih mudah mengenal TUHAN yang menjadi tempat TINGGAL manusia lebih secara pemahaman TUHAN yang begitu berkuasa namun berada di luar manusia.

Tuhan sebagai tempat tinggal dalam LOGIKA Alkitab peMAZMUR adalah karena sebuah ketakjuban yang menjadikan manusia ingin tetap tinggal didalam kuasa TUHAN, tinggal didalam pertolongan TUHAN namun TUHAN secara luaran. TUHAN YANG SECARA LUARAN INILAH YANG MENGAKIBATKAN BANYAK ERROR SEPERTI YANG DILAKUKAN OLEH RAJA DAUD SENDIRI.

Di dalam Yesus, Tuhan adalah TUHAN yang dalaman, TUHAN yang menjadi tempat tinggal manusia dan ini hanya dapat difahami dengan LOGIKA ROHANI atau LOGIKA ALKITAB. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,(Yoh 14:16). Logika ini bahwa TUHAN menyertai manusia bahkan tinggal didalam manusia (didalam hati manusia) ( Yoh 14 20), merupakan sebuah fenomena yang sangat ROHANI.

Tuhan yang selama ini LUARAN, namun telah berubahn menjadi TUHAN yang DALAMAN,

1. TUHAN SEBAGAI TEMPAT TINGGAL MANUSIA,

2. NAMUN DISISI LAIN TUHAN TINGGAL DIDALAM HATI MANUSIA.

————————————————————————————- +

JIKA DIJUMLAHKAN MAKA TUHAN DAN MANUSIA-TUHAN MERUPAKAN SATU KESATUAN DIDALAM ROH.

Pemahaman ini merupakan sebuah kesimpulan dari seluruh isi alkitab dan semua itu dapat difahami didalam Yesus yang telah menyatakan dan menyempurnakannya………………….salam

No comments: