INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Friday, April 8, 2011

Dosa Adam Dan Keselamatan Oleh Yesus (Tinjauan Bible)


Adam dan Hawa dan Free Will

Adam dan Hawa dan Free Will

Adam dan Hawa adalah manusia ciptaan yang segambar dengan Tuhan apa adanya. Inilah salah satu alasan mengapa jikalau Tuhan memiliki God Will maka Manusia memiliki free will. Jika kita baca benar-benar Kejadian 3:22 maka kita dapat melihat kedua kehendak itu antara God Will dan Free Will

Berfirmanlah TUHAN Allah: “Sesungguhnya manusia itu telah menjadi seperti salah satu dari Kita, tahu tentang yang baik dan yang jahat; maka sekarang jangan sampai ia mengulurkan tangannya dan mengambil pula dari buah pohon kehidupan itu dan memakannya, sehingga ia hidup untuk selama-lamanya.”

Dalam hal ini kejatuhan Adam didalam dosa membuat ia mulai menggunakan pikirannya. Manusia mulai menggunakan kehendaknya, dan kehendaknya itu yang dapat membahayakan kehidupan manusia itu sendiri. Adam dan hawa dengan free will nya ternyata mengakibatkan sebuah perubahan bagi diri mereka dan oleh karena itu kebebasan yang di berikan Tuhan di EDEN harus segera di sudahhi dan mereka dengan keinginannya harus memulai hiduo di luar EDEN, di luar hubungannya dengan Tuhan secara rohani.

1. Kor 15:45 Seperti ada tertulis: “Manusia pertama, Adam menjadi makhluk yang hidup “, tetapi Adam yang akhir menjadi roh yang menghidupkan.

Melalui ayat ini ditekankan bahwa Adam ciptaan yang berdosa dan semua terkait dengan manusia sebelum Yesus selalu dikaitkan dengan DOSA dan DOSA. Semua kisah dalam perjanjian lama mengarah kepada perbuatan yang tidak sempurna, Ibrahim, Yakub, Yusuf, Daud, Salomo bahkan Musa semuanya adalah contoh dimana manusia gagal memahami rencan Tuhan secara sempurna. Karena walaupun mereka hidup dan mengenal YAHWEH namun dosa itu membuat mereka gagal hidup dalam kekudusan.

Yesus datang untuk memulihkan hubungan Tuhan dan Manusia.Tuhan menyatakan bahwa Ia adalah son of man, karena dia ingin menunjukkan kemuliaan manusia. mengembalikan kekudusan manusia agar layak dihadapan Tuhan. Ada penafsiran yang menulis bahwa Adam sebagai ciptaan telah dipulihkan dalam Yesus sebagai ciptaan. yang menghidupkan kembali roh manusia, yang membawa kekeabadiaan (roh). Jadi kalau kita sdh terima Yesus kita sdh dipulihkan.

Bagaimana mereka yang dipilih dari awal dan belum menerima Yesus? Itulah tugas orang percaya menyampaikan hal sukacita ini keseluruh penjuru dunia, dan hasilnya adalah terserah Tuhan. Orang-orang diselamatkan itu terserah Tuhan, ini adalah penting supaya kita tidak menjadi sombong. Kalau ada orang yang melalukan perbuatan baik dan dengan sengaja menyombongkan perbuatannya maka upahnya sampai dibumi saja dari pujian dan sanjungan manusia. Namun kalau untuk kesaksiaan demi kemuliaan Tuhan dan pertumbuhan gereja maka upahnya akan bertambah. Tugas kita memulihkan manusia keturunan Adam dengan memperkenalkan firman Tuhan agar mereka dibenarkan dan diselamatkan.

Bicara keselamatan sudah selesai bagi kita di dalam Yesus. Namun, persoalannya bagi kita adalah kita mau selamat yg seperti apa? apakah seperti dalam api dan kertak gigi. Atau selamat karena Harta Surga kita cukup untuk meraja bersama Yesus. Tuhan menyerahkannya kepada kita, itu menjadi pihan: HIDUP KUDUS atau Hidup Dengan KEBEASAN Dunia. Terserah kita.

No comments: