INDAH HARI-HARI BERSAMA TUHAN

Mungkin ini adalah suatu cara yang diberikan Tuhan kepada saya untuk menyampaikan pengalaman dalam mengenal dan menikmati Tuhan.
Saya merasakan masih banyak sekali diantara kita yang sulit mengenal Tuhan secara riil, hal ini saya rasakan ketika kita melihat/mencoba melihat Tuhan dari sudut yang berada di luar Tuhan.
Pada Tulisan saya ini saya mengajak kita melihat Tuhan dari sudut Tuhan yang adalah Roh, melalui pemahaman lebih lagi akan Prinsip Roh itu sendiri.

Saturday, April 2, 2011

Hidup Dalam Doa; Doa Yang Efektif (Tinjauan Bible)

Hidup Dalam Doa

Hidup Dalam Doa

Doa dan Instrument Doa

Doa adalah nafas bagi kehidupan orang percaya. Lupa berdoa sama dengan lupa bernafas, dalam arti nafas rohani. Doa merupakan cara yang efektif dalam berkomunikasi dengan Tuhan khalik langit dan bumi. Karena Tuhan adalah Roh (Yohanes 4: 24; 2 Kor 3:17) maka setiap orang yang ingin berkomunikasi dengan Tuhan, menyembah, memuji, ucapan syukur dan doa semua seharus di dalam roh dan kebenaran. Kita dapat dengan intim berkomunikasi dengan Tuhan didalam doa (1Tes 5:16).

Doa secara rohani merupakan komunikasi/kontak roh-Roh antara manusia (roh-manusia) dengan Tuhan yang adalah Roh. Di dalam doa, manusia seharusnya kembali kerohnya lalu berkontak dengan Tuhan. Karena Roh manusia adalah pelita TUHAN, yang menyelidiki seluruh lubuk hatinya (Amsal 20:27). Instrumen doa adalah roh manusia, dan kebenaran adalah Yesus itu sendiri.

Roh Manusia ç===è Tuhan adalah ROH

Hidup dan Kualitas Hubungan Kita dengan Tuhan dan sesama manusia

Hidup adalah penuh misteri dan perubahan, bagaimana kita membawa misteri hidup kita kedalam misteri Tuhan dalam nama Yesus? Bagaimana misteri Yesus akan keselamatan dan hidup yang kekal agar menjadi milik kita? Hidup yang dinginkan Tuhan adalah hidup dalam iman dan melalukan kehendakNYA. Kehendak Tuhan adalah damai di bumi seperti di surga (doa Bapa Kami). Bagaimana kita mengenal kehendak Tuhan dalam hidup kita. Untuk itu kita perlu belajar dan menikmati firmanNya sebagai makanan rohani (1 Kor. 10:3) dan berkomunikasi denganNya.

Kebenaran didalam Yesus membuat kita dilahir barukan, dibenarkan, dikuduskan, dipermuliakan bahkan diangakat menjadi anak, Yesus adalah yang sulung dan kita menjadi saudara-saudaranya (Roma 8:29) Sebagai anak Tuhan, seharusnya kita memilki hubungan yang akrab dengan bapa.

Tuhan maha kuasa, Tuhan mampu melakukan apa saja untuk itu diperlukan iman dan ketekunan dalam berdoa, untuk itu diperlukan hubungan yang intim dengan Tuhan. Kesuguhan dapat ditunjukkan melalui penyerahan diri kita dalam pelayanan kita kepada Tuhan terhadap manusia. Pelayanan kita kepada Tuhan merupakan bukti kesunguhan kita didalam Tuhan dan dihormati Bapa (Yoh 12:26).

Yesus mengajarkan kita mengasihi Bapa dan juga mengasihi sesama manusia (Mat .22: 37-39). Mengasihi Yesus berarti melakukan kehendakNya. Didalam kasih Yesus kita belajar mengasihi musuh sekalipun. Hubungan kita dengan Tuhan juga harus dilanjutkan dengan hubungan kita terhadap sesama. Doa kita dan hubungan kita dengan sesama menentukan kemuliaan kita dihadapan Tuhan (Mark. 11:25).

Doa dan Kuasa Doa

Berkomunikasi dengan Tuhan melalui doa didalam roh dan kebenaran. Roh manusia sebagai alat komunikasi dan kebenaran itu adalah Yesus sendiri. Rahasia Allah ada didalam Yesus karena Bapa dan Yesus adalah satu (Yoh 10:30), dan saat ini Yesus duduk disebelah kanan Bapa (Luk 22:69). Nama Yesus penuh kuasa, Yesus adalah satu-satunya nama yang dapat membawa doa kita kepada Bapa (Yohanes 14:6). Doa yang kita sampaikan didalam Yesus sampai kepada Bapa. Oleh karena itu kita harus berdoa di dalam roh atas nama Tuhan Yesus (Yoh 14:12-14).

Bagaimana sesunguhnya hubungan kita dengan Tuhan, apakah kita benar-benar mengenal Tuhan sebagai Tuhan untuk disembah, sebagai bapa untuk segala permohonan, sebagai patner di dalam Yesus untuk bekerja sama, sebagai penolong di dalam Roh Kudus. Keintiman kita dengan Tuhan akan mempengaruhi kepekaan kita dalam berkomunikasi dalam doa dan mendengar jawaban dari doa kita. Hidup didalam Tuhan adalah kunci keberhasilan dari doa kita (Yoh 15:7).

Sikap Dalam Doa

Bagian dari doa selalu berhubungan dengan memuliakan Tuhan, ucapan syukur, pemohonan bahkan keluhan dan kekesalan. Namun perlu kita diingat bahwa Tuhan adalah Tuhan sehingga segala sesuatu dalam doa harus menjaga sikap doa, attitude dalam berdoa. Sikap doa itu seperti diajarkan oleh Yesus hal DOA BAPA KAMI (Mat.6: 9-13). Doa pujian karena Tuhan adalah Tuhan, ucapan syukur karena Tuhan menyertai hidup kita, rencana kita mengharapkan pertolongan dan bimbingan Tuhan akan usaha kita. Doa dalam kelemahan, apabila dalam kesusahaan kita lebih dahulu mengevaluasi kelemahan itu apakah karena kelalaian dan dosa kita? Lalu minta ampun pada Tuhan dan menyerahkan masa depan kita kedalam tangannya.

Dalam berdoa kita dapat mendoakan siapa saja, mendoakan pribadi, keluarga orang lain, negara dan apa saja (Mat.7:7-8). Namun jangan lupa mendoakan para pelayan Tuhan, full timer dalam rangka membagun kerajaan surga. Mendoakan pelayanan Tuhan agar diberikan kebijaksanaan dan kekuatan demi penghidupan gereja dan persekutuan di dalam rancangan Tuhan dalam KerajaanNYA (Luk 10:2).

Doa dan Kehendak Tuhan

Belajar dari doa Yesus di Getsmani (Markus 14:36), Yesus dengan sunguh berdoa, Yesus menangis dalam permohonannya dan menyerahkan hasil akhirnya kepada Tuhan. Hasil akhirnya adalah Yesus masuk dalam rencana Tuhan yang sempurna yaitu disalibkan, mati dan bangkit serta naik kesurga. Sebuah kehendak yang sempurna Yesus yang dimuliakan dan duduk disebelah kanan Bapa.

Doa dengan Iman dan kesunguhan seharusnya diserahkan kepada kehendak Tuhan, karena rancangan Tuhan adalah rancangan yang damai dan sejahtera. Tuhan akan memberikan sesuai dengan yang kita perlukan. Seorang bapak tidak akan memberikan ular jika anaknya meminta ikan (Mat 7:10). Namun kita harus meminta agar kita mendapatkannya (Mat 7:7).

Jawaban doa yang tertunda mungkin saja karena Tuhan ingin kita lebih dekat lagi denganNYA, mungkin Tuhan menginginkan kita lebih kasih lagi kepada sesama, mungkin Tuhan ingin kita bekerja lebih giat lagi. Mungkin saja doa itu keliru dan tidak tepat. Namun bisa saja Tuhan sedang menguji kesetiaan kita (Mark. 10: 46-52). Untuk itu tetap berdoa dan bekerja, karena Tuhan menginginkan hal demikian.

Doa Khusus dan implementasi doa

Doa yang khusus, seperti doa kesembuhan dan sebagainya merupakan talenta yang diberikan Tuhan secara khusus. Doa orang benar besar kuasanya (Yak 5:16). Untuk hal ini setiap orang memiliki pengalamannya sendiri dihadapan Tuhan, namun alkitab dengan jelas mengatakan kejarlah kasih (1 Kor 14:1). Implementasi dari hasil doa menjadi kesaksian didalam hidup kita demi memuliakan nama Tuhan dan penghidupan gereja. Kesaksian yang benar dari seorang yang benar akan membangun persekutuan.

Kesimpulan

Berdoa di dalam roh dan kebenaran, dalam nama Yesus. Kuasa doa ada dalam nama Yesus. Jawaban doa akan bergantung terhadap hubungan kita dengan Tuhan. Doa yang benar adalah doa yang menyerahkan hasilnya menurut kehendak Tuhan. Doa yang belum dijawab dimungkinkan karena keinginan Tuhan secara pribadi terhadap kita.

*Dikutip dari berbagai sumber dan disampaikan dalam PA Kawankita, NCKU Tainan Taiwan, 02 March 2011 oleh: Bode Haryanto

No comments: